Air Terjun Talan

Air Terjun Talan, Keindahan Tersembunyi di Hutan Pedalaman Kotim 

Tidak hanya Pantai Ujung Pandaran, ternyata dibalik hutan yang ada di wilayah utara Kotim ini juga tersembunyi estetika potensial dijadikan kawasan wisata alam

Featured-Image
Sejumlah warga sedang menikmati berendam di Lokasi Air Terjun Talan, di Desa Tanjung Jorong Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotim.- Foto Kecamatan Tualan Hulu.

bakabar.com, SAMPIT - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) memiliki beragam kekayaan alam tersembunyi yang patut dilestarikan. 

Tidak hanya Pantai Ujung Pandaran, ternyata dibalik hutan yang ada di wilayah utara Bumi Habaring Hurung ini juga tersembunyi keindahan yang sangat potensial dijadikan kawasan wisata alam.

Suasana alam yang asri dan natural dikelilingi bebatuan serta pepohonan, menjadikan Air Terjun Talan yang berada di Desa Tanjung Jorong, Kecamatan Tualan Hulu tersebut, memiliki karisma tersendiri yang mampu memanjakan pikiran dan mata ketika melihat keindahannya.

Namun, untuk bisa mencapai lokasi air terjun tersebut tidaklah mudah, butuh kesabaran karena kondisi infrastruktur jalan yang belum sepenuhnya bagus.

Dengan menaiki kendaraan roda empat maupun roda dua, dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar empat sampai lima jam dari Kota Sampit untuk bisa tiba ke kawasan destinasi wisata air terjun tersebut.

Sedangkan dari Ibukota Kecamatan Tualan Hulu sendiri, menuju lokasi air terjun berjarak kurang lebih 35 Kilometer dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam lebih.

"Banyak potensi wisata yang tersembunyi dan sangat layak untuk dikemas dan ditata yang adanya di Kecamatan Tualan Hulu ini," kata Camat Tualan, Hulu Admadisastra, Minggu (31/12/2023).

Selain air terjun, Admadisastra juga menemukan wisata alam terbaru di kawasan Desa Tanjung Jorong yakni destinasi dengan riam kotung dengan arus air yang cukup deras dikelilingi bebatuan dan pohon yang eksostik, telihat sangat indah dan natural pada kawasan hutan tersebut.

Camat Tualan Hulu Admadisastra, saat meninjau riam kotung, di Desa Tanjung Jorong.
Camat Tualan Hulu Admadisastra, saat meninjau riam kotung, di Desa Tanjung Jorong.

"Kawasan ini masuk wilayah dilindungi dan penataan ke depan dengan pembuatan master plan pariwisata di Kecamatan Tualan Hulu," tuturnya.

"Kita akan berupaya melakukan penataan Infrastruktur jalan, memberikan pembinaan masyarakat lokal, serta akan mempromisikan produk unggulan dan ekonomi kreatif guna mendorong sektor kepariwisataan di Kecamatan Tualan Hulu ini," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner