Hot Borneo

Ada Triatlon, Berikut Event Andalan Kalsel Tahun Depan

Sepanjang kalender 2023, sederet event menarik dan bahkan berlevel internasional dipersiapkan Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata.

Featured-Image
Goa Liang Bangkai di Tanah Bumbu yang ikut diperkenalkan melalui kompetisi triatlon internasional. Foto: Wisato

bakabar.com, BANJARBARU - Sepanjang kalender 2023, sederet event menarik dan bahkan berlevel internasional dipersiapkan Pemprov Kalimantan Selatan melalui Dinas Pariwisata.

Sebelumnya Kalsel terbilang sukses menggelar event nasional. Di antaranya Tour de Loksado di Hulu Sungai Selatan dan pasar terapung di Banjar.

Selanjutnya event yang lebih besar lagi telah disiapkan sebagai tambahan. Tidak hanya nasional, tetapi juga berskala internasional untuk promosi destinasi wisata Kalsel ke mancanegara.

"Event yang direncanakan adalah kompetisi olahraga triatlon yang menggabungkan renang, lari, dan bersepeda," papar Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin, Jumat (30/12)

"Direncanakan event tersebut berlangsung di Tanah Bumbu. Kami berharap banyak atlet mancanegara yang berpartisipasi," imbuhnya.

Diketahui popularitas triatlon di Indonesia mulai meningkat. Pun olahraga ketahanan ini telah dipertandingkan di PON 2021 sebagai cabang olahraga eksebisi, termasuk SEA Games 2023.

"Melalui kompetisi triatlon, juga diperkenalkan destinasi wisata seperti Goa Liang Bangkai yang termasuk dalam Geopark Meratus," jelas Syarifuddin.

"Selain kompetisi triatlon, Tour de Loksado juga akan ditingkatkan menjadi event internasional. Seiring penurunan kasus Covid-19, kami menargetkan lebih dari 20 ribu kunjungan wisatawan mancanegara," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner