Tak Berkategori

Ada Makhluk Pengisap Darah di Balik Pesona Air Terjun Lembah Kahung Aranio

apahabar.com, BANJARMASIN – Ekstrimnya perjalanan menuju Air Terjun lembah Kahung, Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar,…

Featured-Image
Air terjun lembah Kahung. Foto-Eka Khairudin for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Ekstrimnya perjalanan menuju Air Terjun lembah Kahung, Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, cukup terdengar familiar bagi para penjelajah hutan rimba.

Terutama penjelajah dari Kalsel, pesona keindahan Air Terjun Lembah Kahung tentu tak lepas dari hewan melata pengisap darah (pacet). Kebanyakan penjelajah yang datang senantiasa menjumpai hewan yang satu ini.

Seperti cerita Eka Khairudin, pria yang hobi naik gunung ini bercerita pengalaman seru sekalgus mengesankan saat melakukan perjalanan ke Air Terjun Kahung.

“Kala hujan turun, hewan melata yang tergabung dalam Filum Annelida ini akan lebih banyak bermunculan. Baik dari daun kering yang jatuh di sepanjang jalur treking ataupun dedaunan pada tumbuhan semak yang masih hijau,” kata Eka membuka ceritanya.

Dia menuturkan, bentuk pacet sendiri memang mirip dengan lintah, meski keduanya sama mengisap darah dan masih tergolong keluarga cacing tanah, namun kedua hewan ini memiliki habitat yang berbeda.

Pacet sendiri hidup dan berkembang biak di hutan yang lembab, sementara lintah endemik di air dan rawa.

Seperti cacing tanah, lintah dan pacet memiliki klitelum, yaitu bagian yang menebal di tubuhnya berfungsi sebagai sistem reproduksi. Hewan hemaprodit ini merupakan hewan berkelamin ganda.

Setiap penjelajah yang menuju air terjun Kahung tentu akan menjumpai hewan ini, ada beberapa titik di mana pacet ini berada. Namun tak perlu khawatir ataupun takut berlebihan terhadap keberadaan hewan ini.

img

Pacet di Air Terjun Lembah Kahung. Foto-Eka Khairudin for bakabar.com

“Ada beberapa tips untuk mengatasi bahkan mencegah hewan ini menempel di bagian tubuh setidaknya mengurangi jumlah hewan yang sudah mengincar kita,” katanya.

Seperti misalnya dengan menggunakan lotion anti nyamuk, bahkan penduduk setempat terkadang menggunakan air rendaman tembakau yang di campur garam untuk menghalau makhluk yang satu ini.

Terlepas hal itu, Air Terjun Kahung merupakan objek wisata alam yang menjanjikan keindahan luar biasa. Keindahan air terjun yang tersimpan dalam hutan tropis Kalsel ini akan membayar rasa lelah penjelajah setelah berjalan berjam-jam lamanya.

Air terjun Kahung merupakan objek wisata Kalsel, berada di pedalaman Kabupaten Banjar. Selain keindahan air terjunnya, tempat yang berada di lembah hutan tropis ini menjanjikan perjalanan yang sangat menantang.Meski terletak jauh di pedalaman, lokasi wisata alam yang satu ini cukup digemari. Bagi para pencinta alam, tempat yang satu ini merupakan salah satu destinasi yang tak ingin terlewatkan.

Baca Juga: Jaga Imun Tubuh dengan Konsumsi Jahe Merah

Baca Juga:Pakai Kardus, Pemuda Vietnam Motor Bebek Layaknya Moge

Baca Juga:Ini Awal Mula Virus Corona Ditemukan

Baca Juga:Perusahaan Bir Corona Sikapi Santai Dikaitkan dengan Virus

Reporter: Rizal KhalqiEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner