Tak Berkategori

Ada Festival Tanglong dan Parade Bagarakan Sahur di HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Seperti tahun sebelumnya, Ramadan di Hulu Sungai Selatan (HSS) akan ada Festival Tanglong…

Featured-Image
Festival Tanglong dan Parade Bagarakan Sahur di HSS. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN - Seperti tahun sebelumnya, Ramadan di Hulu Sungai Selatan (HSS) akan ada Festival Tanglong dan Parade BagarakanSahur. Kegiatan akan berlangsung 31 Mei hingga 6 Juni 2019.

Acara dimulai pukul 21.30 Wita sampai 22.30 Wita terpusat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Ketua tim kreatif HSS TV, Esthi Praba menyampaikan, pelaksanaan Festival Tanglong dan parade bagarakan sahur tahun ini sama konsepnya seperti tahun sebelumnya.

Dimana tradisi budaya tanglong ini tidak lagi menjadi sebuah ajang arak-arakan. Namun dikemas sebagai sebuah pajangan tontonan yang akan dipusatkan di arealLapangan Lambung Mangkurat Kandangan selama tujuh malam.

Sedangkan untuk lomba parade bagarakan sahur, menurut Esthi tidak diperkenankan menggunakan alat elektronik atau sound system. Alat yang digunakan 60 persen tradisonal, 40 persen bahan daur ulang.

Baca Juga: Bupati HSS Serahkan Zakat ke Baznas

“Materi Parade bagarakan sahur tahun 2019 tidak diperkankan mengandung politik, pornografi dan sara,” katanya.

Disampikan Esthi Praba, pelaksanaan festival Tanglong dan parade bagarakan sahur, merupakan kegiatan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan HSS bekerjasama dengan tim kreatif HSS TV.

Esthi Praba menyampaikan, kegiatan digelar dengan tujuan melestarikan seni dan budaya islami serta menghibur masyarakat semua kalangan.

Adapun pesertanya, terdiri dua kategori, yaitu umum dan instansi. Kategori umum, seperti remaja masjid, karang taruna, organisasi di bawah pengurus masjid serta kalangan masyarakat lainnya, serta pemerhati dan pencinta seni budaya tanglong.

Sedangkan kalangan instansi, diikuti masing-masing SKPD, dan kantor kecamatan di lingkungan pemerintahan HSS serta instansi vertikal, baik yang diundang maupun yang mendaftarkan diri.

“Peserta tidak dibatasi, boleh sebanyak-banyaknya, pendaftaran di studio HSS TV Jalan Pemuda, samping Wisma Duta, Kandangan, pendaftaran peserta mulai dibuka 20 Mei hingga 30 Mei 2019,” katanya.

Mengenai hadiah yang diperebutkan, berupa tropi, piagam dan uang pembinaan, untuk tanglong terbaik Satu, hingga enam.

Penilaian tanglong meliputi kesesuaian tema, penerangan, keindahan, kerapian, serta kreativitas dalam desain tanglong.

Baca Juga: Bupati HSS Serukan ASN Kumpulkan Zakat Ke Baznas

Sedangkan untuk parade bagarakan sahur, penilaian meliputi komposisi alat yang digunakan, keunikan dan kekompakan tim.

Festival Tanglong dan Parade Bagarakan Sahur tersebut, babak penyisihannya dilaksanakan 1 sampai 5 Juni untuk menentukan finalis.”Sedangkan pada 6 Juni 2019 diumumkan pemenangnya,” pungkasnya.

Reporter: AHC01
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner