News

Abah Guru Banjar Indah Wafat, Sekilas Profil Almarhum

Ulama yang akrab disapa Abah Guru Banjar Indah ini dikabarkan sakit sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Featured-Image
Tuan Guru H. Saifuddin Zuhri atau Abah Guru Banjar Indah.(Foto: Istimewa)

bakabar.com, BANJARMASIN – Innalillahi wainnailaihi rojiun. Salah satu ulama kharismatik Kalimantan Selatan Tuan Guru H. Saifuddin Zuhri meninggal dunia hari ini, Minggu (7/4/2024), bertepatan dengan 27 Ramadhan 1445 Hijriyah.

Ulama yang akrab disapa Abah Guru Banjar Indah ini dikabarkan sakit sebelum menghembuskan nafas terakhir.

Sebagaimana informasi yang tersebar di Whatsapp, Abah Guru banjar Indah meninggal dunia di ruang ICU RS Sultan Agung, Kota Citra, Banjarbaru, sekitar pukul 10.22 Wita.

Saat ini suasana di sekitar tempat pengajian almarhum di Majelis Bani Ismail, Kompleks Banjar Indah, Banjarmasin dipenuhi para pelayat.

Tuan guru K.H. Syaifuddin Zuhri lahir di Dalam Pagar Martapura pada tanggal 20 Oktober 1952.

Dikutip dari penelitian UIN Antasari yang dilansir tribunnews.com, Abah Guru Banjar Indah adalah putra K.H. Abdurrahman Ismail yang dulu pernah mengabdi dan mengajar di Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Beliau juga saudara sepupu dengan Almarhum Guru Irsyad Zien (Abu Daudi) Dalam Pagar dan bersepup juga dengan Almarhum Tuan Guru Anang Djazouly Seman Martapura.

K.H. Syaifuddin Zuhri juga merupakan murid Abah Guru Sekumpul (Almukarram K.H. Zaini Abdul Ghani) serta Guru Bangil (K.H. Muhammad Syarwani Abdan Al-Banjary). Pendidikan terakhir beliau pernah berkuliah di STID (Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah) Banjarbaru.

Ketokohan Abah Guru Banjar Indah sudah banyak dibuktikan.

Salah satunya, banyaknya tokoh-tokoh nasional yang kerap menyinggahi Abah Guru Banjar Indah bila tengah berkunjung ke Kalsel.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner