Kalsel

8 Kelompok di Tabalong Dilatih Mengolah Ikan Asin dari Patin

apahabar.com, TANJUNG – Sedikitnya delapan kelompok masyarakat yang tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Tabalong dilatih mengolah…

Featured-Image
Kepala Dinas Perikanan Tabalong, HM Mugeni menyerahkan bantuan ikan untuk sarana pelatihan. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Sedikitnya delapan kelompok masyarakat yang tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Tabalong dilatih mengolah ikan asin dari patin.

Kegiatan ini diprakarsai Dinas Perikanan (Diskan) Tabalong dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

Mereka memberikan bimbingan teknis kepada 8 kelompok masyarakat itu agar dapat mengolah ikan asin dari patin.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, HM Mugeni mengatakan kegiatan ini menyasar 8 kelompok di 5 kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

Masing-masing kelompok dibantu bahan baku ikan patin sebanyak 300 kilogram. Bibit pati itu digunakan sebagai sarana praktik pengolahan ikan asin.

“Dari kegiatan ini, kami serap 2,4 ton hasil produksi pembudidaya ikan patin yang dibeli untuk jadi bahan baku olahan,” kata Mugeni.

Mugeni menambahkan 8 kelompok yang beranggotakan 10 orang diberikan pelatihan secara bergantian hingga akhir Oktober ini.

Mereka mendapatkan fasilitas di antaranya bahan baku ikan patin dan peralatan pengolahan (tempat jemur, baskum, pisau, garam, dan lainnya).

“Narasumbernya dari Distan sendiri ditambah dengan tenaga ahli pengolahan ikan,” ungkap Mugeni.

Mereka yang mendapat pelatihan antara lain Kelompok Bersinar, Kelompok Sekumpul Desa Jirak Kecamatan Pugaan, Kelompok Seroja Desa Batang Banyu, Kelompok Pesayangan Desa Sungai Durian, Kelompok Undan Swarna Desa Talan Kecamatan Banua Lawas.

Kemudian lagi, Kelompok Teluk Kusi Desa Nawin Kecamatan Haruai, Kelompok Baruh Pasar Indah Desa Wayau Kecamatan Tanjung, dan Kelompok Belanti Jaya, Desa Masintan Kecamatan Kelua.

Komentar
Banner
Banner