Hot Borneo

6 Desa Terpencil di Tabalong Bakal Nikmati Listrik dari PLN

Enam desa terpencil pada tiga kecamatan di Kabupaten Tabalong segera akan menikmati aliran listrik dari PLN.

Featured-Image
Petugas PLN mengangkut tiang listrik ke 6 desa terpencil di Tabalong. Foto: ULP PLN Ranting Tanjung

bakabar.com, TANJUNG - Sedikitnya 6 desa terpencil pada 3 kecamatan di Kabupaten Tabalong segera akan menikmati aliran listrik dari PLN.

Adapun 6 desa tersebut, adalah Desa Panaan, Hegar Manah, Dambung Raya, Kecamatan Panaan, Desa Salikung, Sungai Kumap, Kecamatan Muara Uya dan salah satu kampung di Desa Solan, Kecamatan Jaro.

Saat ini Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Ranting Tanjung secara bertahap mulai melakukan pemasangan tiang listrik di enam desa tersebut.

"Secara bertahap pengiriman tiang listrik sudah dilakukan dan sudah ada yang sampai kesejumlah desa tersebut," kata Manager ULP PLN Ranting Tanjung, Muhammad Iqbal, Jumat (14/4) kemarin.

Sementara terkait pembangunan jaringan listriknya ada tiga kompenen utama yang bakal dilakukan tahap pengerjaan.

"Jadi yang pertama kita membangun tegangan jaringan listrik menengah dulu mencakup 6 desa tersebut dengan 96 kilometer jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM)," beber Iqbal.

Jaringan yang akan dibangun berupa gardu distribusi serta tegangan jaringan rendah agar dapat disalurkan ke rumah warga yang ingin mendapatkan layanan listrik.

"Pembangunan jaringan listrik PLN ini semangatnya untuk memenuhi aspirasi masyarakat, khususnya daerah-daerah terpencil agar warga di sana juga dapat menikmati listrik," pungkas Iqbal.

Editor


Komentar
Banner
Banner