Habar Pemilu 2024

'Omon-omon' Prabowo Langsung Trending Topic usai Debat Ketiga Pilpres 2024

Kata 'omon-omon' dari capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam sesi debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam, langsung menjadi trending topic

Featured-Image
Calon presiden Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo meminta Prabowo Subianto membuka data tentang pertahanan dalam debat ketiga Pilpres 2024. Foto: CNN

bakabar.com, JAKARTA - Kata 'omon-omon' dari capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam sesi debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) malam, langsung menjadi trending topic untuk Indonesia di media sosial X (Twitter).

Kata 'omon-omon' dari Prabowo itu menempati tiga besar trending topic Indonesia. Hanya berada di bawah Gaza dan #DebatCapres.

Dilansir dari CNN, kata 'omon-omon' itu muncul dari mulut Prabowo dalam segmen kedua sesi debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar KPU di Istora Senayan Jakarta.

Awalnya Prabowo menanggapi jawaban capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo atas pertanyaan panelis dengan tema hubungan internasional.

'omon-omon' yang dimaksud adalah 'omong-omong' yang tampaknya sengaja dilafalkan Prawbowo tanpa huruf 'g'.

"Kenapa negara-negara selatan sekarang melihat ke Indonesia? Karena kita berhasil membangun ekonomi kita. Jadi tidak hanya omon-omon-omon. Kerjanya omon saja," tegas Prabowo.

Diketahui calon presiden Anies Baswedan maupun Ganjar Pranowo meminta Prabowo membuka data tentang pertahanan dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Anies meminta Prabowo membuka data soal pertahanan tentang belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista)

Prabowo lantas mengajak Anies untuk bertemu di lain kesempatan jika ingin mengetahui data yang dimaksud. Menurut Prabowo, butuh waktu lebih panjang untuk melihat data lengkap.

Anies tidak sepakat, karena data pertahanan perlu pula diketahui oleh publik sehingga perlu dijelaskan dalam forum terbuka.

"Ini bukan pribadi. Ini negara policy. Penjelasan di ruang terbuka, bukan ruang tertutup yang tidak diketahui publik," cetus Anies.

Sedangkan Ganjar semula mempertanyakan ke Prabowo tentang penurunan sejumlah Indeks pertahanan Indonesia. Ganjar juga meminta Prabowo memberikan solusi atas permasalahan ini.

"Saya mau bertanya, termasuk kemudian capaian MEF (Minimum Essential Force) yang hanya 65,49 persen dari target 79 persen. Mengapa terjadi penurunan dan apa solusinya?" tanya Ganjar.

Prabowo menjelaskan bahwa Indonesia sempat dilanda pandemi Covid-19 yang membuat anggaran belanja terpengaruh.

Lalu Ganjar menilai jawaban Prabowo tak menjawab seluruh pernyataan, sekaligus meminta bantahanitu dibuka dengan bukti konkrit.

Sementara dalam keterangan terhadap pers usai debat ketiga, Prabowo menilai capres lain telah memolitisasi pertahanan dan tidak seharusnya dilakukan seorang negarawan.

"Saya agak sedikit kecewa dengan kualitas, terutama narasi yang disampaikan oleh paslon-paslon lain," tukas Prabowo.

"Pertama karena banyak data yang keliru. Kemudian yang kedua, negarawan tidak boleh menggunakan pertahanan sebagai bahan mencari politik," sambungnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner