Kalsel

3 Unit BPK Gabung Balakar 654 Murakata

apahabar.com, BARABAI – Musibah kebakaran masih menjadi permasalahan di Kalimantan Selatan. Tak terkecuali di Bumi Murakata,…

Featured-Image
Pembacaan Kode Etik 654 Murakata oleh anggota ketiga unit BPK yang baru bergabung dengan Balakar 654 Murakata dipimpin oleh Ketua Balakar, H Ahmadi. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Musibah kebakaran masih menjadi permasalahan di Kalimantan Selatan. Tak terkecuali di Bumi Murakata, sebutan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) 654 Murakata, di HST menjadi ujung tombak penanganan musibah tersebut. Tercatat, sebanyak 44 Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) yang sudah tergabung pada Balakar 654 tersebut. Relawan pemadam kebakaran (Damkar) di dalamnya sebanyak 1.700 orang.

Teranyar, ada 3 unit BPK yang bergabung dan baru dikukuhkan sebagai bagian dari Balakar yakni, Unit 45 BPK Hiwap di Desa Pamangkih, Unit 46 BPK Telaga Singa di Desa Binjai Pamangkih dan Unit 47 BPK Belanti. Ketiga unit BPK itu terletak di Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), HST.

Sebelumnya sudah ada dua BPK di kecamatan itu. Dengan tiga unit baru itu maka total berjumlah 5 BPK yang terletak di LAU dengan luas wilayah 161,81 km2.

“Dengan 3 unit baru ini semoga dapat mencegah sedini mungkin musibah kebakaran khususnya di LAU. Bekerja ikhlas tanpa pamrih. Laksanakan tugas yang mulia ini dengan sebaik-baiknya,” kata Sekretaris Satpol PP dan Damkar HST, Agus Azhari usai acara peresmian 3 Unit BPK di Desa Binjai Pirua, Sabtu (26/10) malam.

Ketua Balakar 654 Murakata, H Ahmadi secara resmi mengukuhkan tiga Unit BPK itu sebagai bagian dari Balakar.

"Semoga dengan dikukuhkannya unit baru ini, amanah, dapat ditunaikan ikhlas dan bertanggung jawab,” harap Ahmadi usai meresmikan dan mengukuhkan ketiga Unit BPK itu.

Mendukung kemajuan di tubuh organisasi Balakar, kata Ahmadi, semua relawan harus berpartisipasi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat,

“Melindungi, mencegah hingga menanggulangi bahaya. Baik kebakaran maupun kegiatan sosial. Karena tugas dan peran kita adalah misi sosial yang bernilai ibadah, ikhlas tanpa pamrih,” terang Ahmadi dibarengi slogan ‘pantang pulang sebelum padam’.

Disaksikan 44 BPK lainnya, Camat, Satpol PP dan Damkar HST serta warga LAU, pengukuhan itu ditandai dengan pembacaan kode etik 654 Murakata dan penyerahan nomor unit secara resmi tergabung dengan Balakar Murakata.

Baca Juga: S-BAT Kembali Gelar Antasari One Day Trail Adventure

Baca Juga: Pelantikan Ampi Kalsel, Pemuda Wajib Membangun Daerah

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner