Olahraga

27 Provinsi Bersaing dalam Shorinji Kempo di Pomnas XVIII Kalsel 2023

Pembukan Pekan Olahraga Nasional (POMNAS) XVIII 2023 Kalimantan Selatan (kalsel) cabang Shorinji Kempo berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin

Featured-Image
Sebanyak 27 Pronvsi di Indonesia mengikuti dalam kejuraan POMNAS XVIII 2023 caboe Shorinji Kempo berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin, Selasa (14/11) siang. Foto-apahabar.com/Amrullah

bakabar.com, BANJARMASIN - Pembukan Pekan Olahraga Nasional (Pomnas) XVIII Kalsel 2023 cabang Shorinji Kempo berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin, Selasa (14/11) siang.

Perhelatan pembukaan tersebut dilakukan dengan pemukulan toya ke matras untuk sebagai bentuk bagian dari tradisi olahraga Shorinji Kempo.

Wakil Ketua Persaudaraan Shirinji Kempo Kalsel, Teuku Dahsya Kesuma Putera mengungkapkan, sebanyak 27 provinjsi di Indonesia mengikuti dalam kejuraan tersebut.

"Kejuraan cabor Kempo ini sebanyak 255 kenshi yang akan berlaga untuk merebutkan 20 mendali emas, 20 mendali perak, dan 31 mendali perunggu," Kata Teuku dalam sambutannya.

Kemudian, ia mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama lima hari, yakni dari 13 sampai dengan 17 November.

Sementara itu, Teuku juga menyebutkan, adanya kegiatan Pomnas XVIII ini untuk meningkatkan persahabatan antar mahasiswa seperguruan tinggi Indonesia.

"Mepupuk dan meningkatkan kesadaran bangsa berlandaskan pancasila dan bhineka tunggal ika, dan juga meningkatkan dan mengembangkan minat bakat olahraga yang bertalenta," cetusnya.

Di akhir sabutannya, dia berterima kasih kepada semua bidang yang berkontribusi, hingga terselenggaranya kegiatan tersebut.

Di samping itu, Pelatih Shorinji Kempo Kalimantan Selatan (Kalsel), Hafidz mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 17 atlet perguran tinggi dari Kalsel.

"Saat ini kita menurunkan 17 atlet yang berasal dari perguran tinggi dari Kalsel, seperti ULM, Uniska, Poliban, dan STIKES," ujarnya kepada bakabar.com.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, cabor Shorinji Kempo di Pomnas ini sudah digelar ketiga kalinya, yakni 2017 di Sulawesi Selatan, 2019 Jakarta, dan 2023 Kalimantan Selatan.

Ia menyebutkan, saat ini Kalsel diperkuat dengan atlet-atlet yang sudah berkiprah di tingkat nasional seperti babak kualifikasi PON serta Provinsi.

"Mereka ini berpengalaman di tingkat Daerah maupun Nasional, semoga cabor Kempo ini kita menambah mendali emas," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner