Relax

Viral Video Anak SD Kebal Disuntik Vaksin, Cek Faktanya

apahabar.com, SERANG – Sebuah video yang memperlihatkan seorang anak Sekolah Dasar (SD) kebal saat disuntik vaksin…

Sebuah video yang memperlihatkan seorang anak Sekolah Dasar (SD) kebal saat disuntik vaksin viral di media sosial. Foto-Instagram

apahabar.com, SERANG – Sebuah video yang memperlihatkan seorang anak Sekolah Dasar (SD) kebal saat disuntik vaksin viral di media sosial.

Anak berseragam SD itu berasal dari suku Baduy, Lebak, Kota Serang, Banten.

Dalam video yang dibagikan oleh akun Instagram @infojawabarat, saat disuntik oleh petugas medis tubuh si malah tidak mempan disuntik.

Sembari memperhatikan jarum suntiknya, sementara si anak hanya menoleh ke lengan tangannya yang tidak bisa disuntik sambil diusap-usap oleh petugas lain yang memegang anak itu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Cisimeut Kecamatan Leuwidamar Lebak, Dede Herdiansyah, memastikan video tersebut tidak benar atau hoax.

Pihaknya menyatakan tidak pernah menemukan ada anak Baduy yang kebal kala disuntik vaksin Covid-19.

“Kalau videonya mungkin betul ada kejadian seperti itu. Tapi, kalau dibilang itu orang Baduy itu tidak benar. Karena kami tidak menemukan ada orang Baduy yang kami suntik kebal,” ujar Dede seperti dilansir detik.com, Minggu (6/3).

“Kami melakukan vaksinasi ke orang Baduy Luar dan Dalam di Desa Kanekes (Wilayah perkampungan suku Baduy), kami sudah menyuntik sekitar 187 orang Baduy. Kesulitan kami hanya mereka belum percaya divaksin bukan soal kebal-kebalan,” pungkasnya.