Hot Borneo

Viral Rumah Mewah di Kertak Hanyar Banjar, Dalamnya Bikin Melongo

apahabar.com, MARTAPURA – Rumah mewah layaknya istana milik “sultan” di Kalimantan Selatan viral di media sosial…

Rumah mewah mirip istana di Jalan Achmad Yani KM 9,7 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalsel, viral di media sosial. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Rumah mewah layaknya istana milik “sultan” di Kalimantan Selatan viral di media sosial dua hari belakangan ini.

Berada di Jalan Achmad Yani Km 9,7 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalsel, rumah tersebut arsitekturnya sangat mencolok, sangat menarik perhatian orang yang melintas.

Dari banyak informasi beredar, kabarnya rumah ini milik seorang pengusaha bernama Julius, seorang keturunan Thionghoa pengusaha batu bara sekaligus sawit di Batulicin, Tanah Bumbu.

Dari video yang beredar, rumah mewah dan besar itu tampak seperti dilakukan acara syukuran.

Camat Kertak Hanyar, Yudi Andrea mengatakan rumah tersebut adalah milik pribadi dan telah rampung belum lama tadi, dengan luas bangunan sekitar 25×400 meter.

“Selasa malam kemarin digelar acara syukuran mereka. Senin kemaren meminta izin mengumpulkan undangan. Basalamatan kalau bahasa kitanya,” ungkapnya.

“Kami tidak ada diundang, hanya memberitahukan aja bahwa ada kegiatan di situ mengundang tamu,” sambung Camat Yudi.

Curhat Nakes Banjarmasin: 3 Bulan Tak Gajian hingga Terlilit Utang

Terungkap, Biang Tabrakan Beruntun Mobil Pejabat di Banjarbaru

Ia mengakui tidak kenal dan tidak pernah bertemu langsung dengan pemilik rumah. Namun, ia mengakui juga mendengar informasi bahwa memang keturunan Cina.

“Iya [keturunan Cina] kabarnya. Ada juga mendengar yang istri dari keturunan Bali. Tidak pernah ketemu langsung juga sama orangnya,” ungkap Yudi.

Rumah mewah tersebut sudah mengantongi IMB sejak 2012 silam untuk pagar dan jembatan, sedangkan untuk bangunan utama IMB dikeluarkan pada 2013.

Hasil rekomendasi Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar Nomor : 530/335/CL-BKPMP2T tanggal 10 Juni 2013 menyatakan bahwa bangunan tersebut adalah rumah atau tempat tinggal, atas nama pemohon adalah Ketut Sudiarti, yang disebut-sebut istri dari Julius.

Pada 2017 silam, ketika tiang-tiang rumah sudah berdiri, santer isu bahwa rumah tersebut adalah bangunan rumah ibadah. Namun ternyata isu tersebut bukan faktanya.

“Kami memang terus memantau juga kegiatannya sesuai peruntukannya,” pungkas Camat Kertak Hanyar.

Ulasan dan video lengkapnya di halaman selanjutnya:

Mengusung Arsitektur Eropa Klasik

Sosok Pemilik Rumah Bak Istana di Kertak Hanyar Dikenal Dermawan

Rumah layaknya istana itu arsitekturnya cukup kontras dibandingkan dengan rumah-rumah para “sultan” kebanyakan. Pasalnya, rumah ini mengusung arsitektur Eropa Klasik.

Hal ini diakui oleh Wansyah, pelaksana bangunan rumah megah tersebut seperti dikutip dari Radar Banjarmasin.

“Beliau [Julius] suka keliling luar negeri. Melihat bangunan klasik dan terinspirasi untuk menirunya di Banjar,” ungkap Wansyah, 2017 silam.

Dari foto dan video beredar, terdapat pilar berupa tiang-tiang besar yang berdiri kokoh di bagian depan rumah, ditambah satu pilar segitiga di bagian atasnya. Di sentral atas, berdiri kubah besar. Desain ini punya kemiripan dengan Basilika Santo Petrus, di Roma, Italia.

Bagian depan terdapat tiga lantai, sedangkan bagian belakang dua lantai. Di tengah-tengahnya terhampar kolam renang.

Untuk kamar, total ada tujuh. Terdiri tiga kamar utama dan empat kamar untuk tamu.

Video Rumah Mewah di Kertak Hanyar Jadi Sorotan Warganet: Sultan Kalsel!

Dari segi warna, bagian luar bangunan didominasi warna cokelat muda dan beberapa bagian warna abu-abu. Warna biru pada kubah menegaskan perpaduan yang mewah.

Masih bagian depan rumah, terdapat sejumlah patung putih perempuan bersayap yang digambarkan sebagai sosok malaikat. Posisinya di samping-samping tangga menuju pintu utama. Pemilik rumah seakan ingin memberi sensasi sambutan malaikat kepada tamu yang datang.

Kemewahan masih berlanjut di interior rumah, layaknya rumah kerajaan Eropa klasik. Mengusung warna emas yang mendominasi, dipadukan dengan warna krim. Lantai berbahan marmer bercorak begitu harmoni dengan warna emas ruangan.

Ditambah furnitur kursi set besar berwarna merah dibalut warna emas. Lampu-lampu kristal besar menghiasi langit-langit rumah.

Yang menarik adalah tangga berkonsep The Grand Staircase. Dua tangga “sayap” didominasi warna emas yang saling terhubung atasnya. Tak lupa, terdapat guci-guci besar di beberapa sudut ruangan. Konsep interior mirip dengan istana kerajaan di Eropa.