Kalsel

Tunggu Laporan, Inspektorat Bakal Audit BUMDes di Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Inspektorat Kabupaten Tabalong siap melakukan audit terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di…

Oleh Syarif
ILutsrasi BUMDes. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Inspektorat Kabupaten Tabalong siap melakukan audit terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah ini.

Kepala Inspektorat Kabupaten Tabalong, H Yuzan Noor mengatakan, audit itu akan dilakukan pihaknya jika ada laporan masyarakat atau pihak manapun terkait permasalahan yang terjadi di desa, termasuk BUMDes.

” Laporan bisa dilakukan secara tertulis dan lisan, tapi ingat yang dilaporkan adalah informasi data dan fakta, bukan pendapat,” kata Yuzan ditemui di ruang kerjanya, baru-baru tadi.

Meski demikian, ia meminta laporan dilakukan secara tertulis karena jika lisan itu bisa berupa pendapat.

Yang diperlukan untuk melapor cukup berupa data awal saja.

Contoh seperti pembuatan jembatan, dananya berapa, panjang lebarnya berapa? Bila ada indikasi selanjutnya tim audit akan turun ke desa itu untuk menindaklanjutinya.

Dikatakan Yuzan, pelapor tidak perlu takut identitasnya diketahui, karena pihaknya akan melindunginya.

” Untuk identitas pelapor pasti dilindungi,” janji Yuzan.

Yuzan juga meminta kepada para pemerintahan desa di Kabupaten Tabalong supaya benar-benar mengelola dana desa sesuai dengan aturan yang berlaku.

” Kepada pemerintahan desa saya minta supaya mengelola keuangan desa sesuai aturan termasuk di dalamnya pengelolaan BUMDes,” ingatnya.