Info Unik

Tumbuh Liar! Kenali Tanaman Beracun yang Ada di Sekitar Kita

Di balik fungsi tanaman yang menunjang kehidupan mahluk di bumi, ternyata terdapat sejumlah tanaman yang justru berbahaya karena mengancam kehidupan.

Bunga terompet yang tumbuh liar di Indonesia. Foto: dok.Mediatani.

apahabar.com, JAKARTA - Tanaman adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia karena keberadaanya sebagai bahan konsumsi, obat herbal, penghasil oksigen, aroma relaksasi, hingga memberi ketentraman tersendiri saat memandang keindahannya.

Akan tetapi, bak dua mata pisau, di balik fungsi tanaman yang menunjang kehidupan mahluk di bumi, ternyata terdapat sejumlah tanaman yang justru berbahaya karena mengancam kehidupan.

Di seluruh dunia, ada ratusan bahkan mungkin ribuan tanaman beracun, yang beberapa di antaranya mematikan. Melansir laman Mongabay.co.id (30/11) yang menyebutkan bahwa banyak tanaman telah mengembangkan kemampuannya untuk mencegah bagian dari tubuhnya diambil, baik itu daun, kulitnya, batang, ataupun bunga.

Kemampuan ini sebagai bentuk pertahanan kimiawi yang akan melindungi mereka dari para "predator". Bagi manusia, beberapa pertahanan kimia ini dapat menyebabkan reaksi kulit yang menyakitkan.

Bahkan bahaya yang ditimbulkan dampaknya cukup fatal, hingga dalam efek paling buruk adalah menyebabkan kematian. Beberapa jenis tanaman berbahaya ini tersebar di seluruh dunia, dan salah satunya ada yang tumbuh secara liar di Indonesia.

Berikut jenis tanaman yang bisa membahayakan manusia:

1. Cicuta Maculata (Water Hemlock)

Sulit dipercaya jika tanaman secantik ini berbahaya bagi manusia. Namun faktanya water hemlock memiliki racun yang disebut dengan cicutoxin. Tanaman yang banyak tumbuh di Amerika Utara ini tidak berbahaya apabila disentuh, tetapi racunnya bisa merusak organ tubuh ketika tanaman ini dikonsumsi.

Mengutip lama Wilderness Collage yang menyebutkan kalau gejala keracunan water hemlock adalah kram perut, kedutan pada otot, kejang-kejang, mual dan bisa berujung pada kematian.

Kondisi fatal ini terjadi akibat kelumpuhan pada organ pernapasan beberapa jam setelah tanaman ini dikonsumsi.

2. White Snakeroot

Kendati bentuknya menarik dengan warna putih dan berkelopak kecil, bunga yang bernama latin Ageratina altissima ini punya racun yang cukup ganas.

Dilansir dari laman Gizmodo, racun yang terkandung dalam bunga ini adalah tremetol yang bisa membuat siapapun mengalami sensasi gemetar, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemas dan masalah usus serius pada manusia.

Pada kondisi yang paling buruk, tanaman ini bisa mengakibatkan kejang, mabuk (berhalusinasi), tak sadarkan diri, hingga kematian. Meski seseorang yang mengkonsumsi tanaman ini terbebas dari maut, ia akan merasa lemas hingga beberapa pekan.

Lebih membahayakannya lagi, jika racun ini dikonsumsi oleh hewan dan hewan tersebut akhirnya dikonsumsi manusia, maka manusia yang mengkonsumsi hewan itupun ikut keracunan.

3. Brugmansia (Bunga Terompet)

Tentunya tanaman ini sudah tidak asing untuk masyarakat Indonesia. Selain karena bentuknya yang unik, tanaman ini juga terbilang tumbuh liar, bahkan tak jarang sering diperjualbelikan sebagai tanaman hias.

Namun siapa sangka ternyata tanaman ini terbilang cukup berbahaya, hal ini dikarenakan di dalam bunga ini terkandung skopolamin dan atropin.

Skopolamin dapat meyebabkan demam, muntah, menimbulkan rasa gelisah, halusinasi, sampai melemahkan pernapasan.

Sedangkan untuk astropin dapat memepengaruhi pengelihatan dan menjadikannya kabur, kemudian detak jatuk juga dapat meningkat secara cepat, mual, pusing, sensitif terhadap cahaya sampai dengan kehilangan keseimbangan.

4. Atropa Belladona

Walaupun bentuk buah dari tanaman ini seperti buah cherry, namun jangan sampai berpikir untuk mengkonsumsi buah ini.

Seluruh bagian dari tanaman ini semuanya sangat berbahaya karena mengandung golongan alkaloid tropane, dan jika sampai dikonsumsi maka akan mengalami gejala sesak napas, sakit kepala, halusinasi sampai gangguan kerja jantung.

Jika tidak langsung mendapat penanganan dengan cepat bukan tidak mungkin, bisa sampai dapat menyebabkan kematian.

Sasing berbahayanya tanaman yang satu ini sampai mendapat julukan khusus yaitu Deadly Nightshade. Tanaman yang satu ini banyak tumbuh di Asian bagian Timur, Eropa dan Afrika Utara.

5. Aconitum Napellus

Mungkin jika sekilas dilihat akan sulit membedakan tanaman ini dengan lavender dikarenakan bentuknya yang cukup mirip.

Namun tanaman ini luar biasa berbahaya jika sampai terkonsumsi oleh manusia, karena hanya dengan mekonsumsinya sebanyak 20 sampai 40 ml saja dapat menyebabkan kematian. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah pegunungan wilayah Eropa timur dan Tengah.

Itulah daftar tanaman yang mengandung racun dan membahayakan keselamatan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!