Hot Borneo

Tingkankan PAD, Camat Kapuas Kuala Sarankan Pasar Desa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Keberadaan pasar desa sangat diperlukan untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Termasuk untuk meningkatkan…

Camat Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Inop, saat meninjau pasar Desa Cemara Labat. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Keberadaan pasar desa sangat diperlukan untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Termasuk untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

Karenanya Camat Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Inop, menyarankan agar setiap desa di wilayahya dapat mengalokasikan dana desa guna dikelola oleh Bumdes untuk membangun pasar.

"Sehingga setiap desa punya pasar desa dan Bumdes dapat mengembangkannya dengan membangun los-los pasar yang nantinya disewakan kepada para pedagang,” katanya, Senin (16/5).

“Sehingga para pedagang dan pembeli juga merasa nyaman dalam melakukan transaksi jual beli di pasar desa yang dikembangkan oleh Bumbes tersebut,” lanjut Inop.

Menurut mantan Kasi Kebersihan Dinas Pasar Kapuas tersebut, dengan adanya pasar desa masyarakat setempat juga dapat menjual hasil pertaniannya.

“Jadi, dapat menunjang perekonomian masyarakat di desa khususnya proses jual beli berbagai kebutuhan dan hasil pertanian warga masyarakat setempat,” pungkas Inop.