Kalsel

Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur

apahabar.com, MARTAPURA – Fakta baru mencuat dalam kasus pembunuhan Sukirman. Ternyata cuma satu dari tiga pembunuh…

Polisi telah menetapkan para terduga pelaku kasus pembunuhan Sukirman sebagai tersangka. Belakangan, terungkap AJ (tengah) bukan merupakan anak di bawah umur. Foto: Youtube/Macan Kalsel

apahabar.com, MARTAPURA – Fakta baru mencuat dalam kasus pembunuhan Sukirman. Ternyata cuma satu dari tiga pembunuh paman es krim asal Kandangan itu yang berstatus anak di bawah umur.

"Untuk pelaku hanya satu yang di bawah umur berinisial AD (13)," ujar Kasat Reskrim Polres Banjar, AKP Fransiskus Manaan, kepada apahabar.com, Kamis (16/9).

Kronologi Terungkapnya 3 Bocah Banjar Bunuh-Rampok Paman Es Kandangan

Frans mengatakan jika kedua pelaku lainnya sudah berusia di atas 17 tahun. Yakni JA (20) dan AJ (18).

"Ketiga ini adalah dalang utama dari pelaku pembunuhan paman es krim di Paramasan," jelasnya.

Sebelumnya, hanya JA yang mengaku telah berusia lebih 17 tahun. Saat diamankan, rekannya AJ mengaku sebagai anak di bawah umur. Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk mengelabui petugas.

Lantaran keterbatasan data penguat, polisi sempat percaya saat mengamankan AJ. Terlebih wajahnya masih tampak seperti bocah ingusan.

Untuk diketahui, jika di bawah umur AJ otomatis akan mendapat hak diversi atau proses hukum di luar pengadilan. Ancaman hukumannya pun bisa menyusut.

Polisi yang mulai curiga akhirnya melakukan pendalaman. Hasil, didapati bukti jika AJ sudah berstatus dewasa.

“Kita dapati kartu keluarganya,” ujar kasat.

AJ sendiri remaja putus sekolah. Saat pembunuhan berlangsung, ia bersama J bersama AD berpura-pura hendak membeli es krim.

Usai membeli es krim, J membacok Sukirman dari belakang. Sejurus kemudian AJ dan AD mengejar dan mengadang Sukirman di atas jembatan menggunakan sepeda motor.

Keduanya membacok Sukirman yang sudah berusia 54 tahun itu tanpa ampun. “Jangan, jangan,” ujar Sukirman seperti ditirukan J.

Usai menghabisi Sukirman, ketiganya menjarah uang hasil jualan Rp750 ribu. Masing-masing mendapat Rp250 ribu.

Ketiganya lalu membuang kendaraan dan boks es Sukirman di hutan sekitar setengah jam dari Desa Trangkin. Setelahnya, atas bantuan ayah AD, dan ayah AJ, mereka menguburkan jasad Sukirman di sebuah lereng gunung.

Dua hari setelah pembunuhan, tim gabungan dan keluarga menemukan jasad Sukirman dalam kondisi mengenaskan. Tak hanya membusuk, jasad perantau asal Lampung ini penuh luka bacokan dan tusuk.

“Kami temukan setelah mengikuti jejak darah yang ada di sungai. Menguburnya seperti bangkai binatang. Mayat ditaruh di lereng bukit itu kemudian dari atas diuruk. Makanya tanahnya bercampur dedaunan,” kesal Arianto, mantu Sukirman.

Singkat cerita, ketiganya baru bisa ditangkap setelah lima bulan buron. Pengungkapan kasus terkendala oleh minimnya warga yang mau membeberkan keterangan.

“Sampai akhirnya ada yang mau menginformasikan ke kami bahwa curiga melihat gerak-gerik ketiganya ini,” ujar AKP Endris Ari Dinindra, Kanit Jatanras, Polda Kalsel yang memimpin langsung penangkapan kepada apahabar.com. “Kami tangkap mereka bertiga, termasuk dua orang tua pelaku,” sambung perwira satu ini.

Sebagai pengingat, pembunuhan Sukirman berlangsung pada 25 April 2021. Lokasinya tak jauh dari jembatan penghubung, Desa Trangkin, Paramasan Bawah, Kabupaten Banjar.

Kini, kelima pelaku telah dijebloskan ke sel Mapolres Banjarmasin. Mereka terancam hukuman 15 tahun penjara sesuai Pasal 338 KUHP.

Satu sisi, polisi masih melakukan pendalaman mengenai keterlibatan ketiganya dalam temuan jasad lainnya di kawasan Paramasan Bawah yang hingga kini kasusnya belum terungkap.

Dikenal Dermawan

Kejinya Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan, Mantu Sempat Dikelabui Pelaku

Dua hari tak pulang, keluarga Sukirman di Kandangan mulai cemas. Arianto (35) pun berinisiatif menyisiri rute di mana mertuanya kerap menjajakan es krim hingga ke kabupaten tetangga, Banjar.

Hingga akhirnya, Selasa 27 April, Ari mendapati kabar jika warga menemukan bekas darah di kawasan Dusun Trangkin, Desa Munggu Lahung, Paramasan, Kabupaten Banjar. Saat ditelusuri, jejak itu mengarah ke lereng gunung setempat.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saat digali, warga menemukan Sukirman sudah terbujur kaku. Berbagai mata luka bekas senjata tajam dari bacokan hingga tusukan ditemukan. Dugaan pembunuhan mencuat.

Lantas, bagaimana sosok Sukirman di mata Arianto? Sukirman perantau asal Lampung ini dikenal sebagai ayah yang baik.

"Kami tidak menyangka bapak dirampok saat berjualan di Paramasan, beliau sangat jujur dan begitu polos," ungkapnya kepada apahabar.com, Jumat (10/9).

Bahkan, Sukirman tak segan memberi es krim secara gratis kepada anak-anak yang tak mampu hingga ke kampung daerah di pegunungan.

"Jadi kadang-kadang sampai rumah es krim habis tetapi tidak mendapatkan keuntungan," cerita Arianto.

Dua hari hilang, jasad Sukirman ditemukan tak bernyawa di Dusun Pematang Lahung, Paramasan, Banjar. Foto: Ist

Penduduk yang sering dikunjungi oleh Sukirman terutama di Kecamatan Loksado merasa sangat kehilangan. Pasalnya, Sukirman lebih sering berjualan di Loksado ketimbang daerah lain.

"Karena waktu itu bulan Ramadan, jadi bapak berjualan ke daerah lain," jelasnya.

Pasca-menghilang, orang tua salah seorang anak yang sering berlangganan sempat mengunjungi tempat tinggal Arianto.

"Ke mana bapak itu kok tidak ke Loksado lagi, biasanya setiap hari lewat katanya," ujar orang itu seperti ditirukan Arianto. Di Paramasan, Sukirman tercatat baru dua kali berjualan. Untuk diketahui, waktu tempuh Paramasan dengan Kandangan berkisar tiga jam lamanya.

Arianto hakulyakin jika J (20), JA (15), dan ARD (14) hanya berniat merampok barang dagangan atau uang, tentu Sukirman akan memberi.

"Kalau saja bapak hanya dihadang atau istilahnya senjata tajam hanya untuk sekadar menakuti, insya Allah hartanya bakal diserahkan semua," ujarnya.

Namun nasib berkata lain. Sore itu, Sukirman yang berjualan di Dusun Trangkin berpapasan dengan ketiganya. Belum jauh berjalan, J tiba-tiba membacok punggungnya dari belakang. Sambil terluka parah, korban yang terkena sabetan sajam mencoba memacu kendaraan semampunya.

Tampak, JA dan ARD mengambil sepeda motor. Keduanya menyalip sepeda motor Sukirman yang membawa rombong es. Kalah cepat, JA dan AR mengadang Sukirman di atas jembatan. Walhasil, pria 54 tahun ini jadi bulan-bulanan ketiganya.

"Pelaku mengejar, tanpa banyak bicara langsung kembali membacok dan mengeksekusi," terang Arianto mengutip keterangan polisi.

Namun siapa sangka, sehari sebelum peristiwa nahas itu, Sukirman dan ketiga pelaku ternyata sempat menawarinya es krim gratis.

"Ding[adik], kalau ke Kandanganpian[kamu] mampirlah ke rumah. Nanti makan sepuasnya gratis, nanti mampir ya," ucap Sukirman dari mulut pelaku.

Arianto merantau dari Pulau Sumatera ke Kalimantan Selatan. Sejak 2010 bersama sang istri bernama Sofiatul Umi (30). Umi anak daripada Sukirman.

Lima tahun kemudian, mendiang Sukirman yang juga dari Sumatera mengikuti anaknya dan ikut membantu mencari rezeki dengan berjualan es krim.

Jika teringat sosok mertuanya ini, Arianto amat menyesalkan kepergian Sukirman. Terlebih dengan cara setragis itu.

"Keluarga sudah ikhlas, tetapi kami berharap pelaku bisa dihukum sesuai perbuatannya," harapnya.

Demi Ngudud

Kronologi Terungkapnya 3 Bocah Banjar Bunuh-Rampok Paman Es Kandangan

Ada sederet fakta baru di balik pembunuhan Sukirman. Uang yang digunakan usai menghabisi Sukriman rupanya digunakan para pelaku untuk berbelanja makanan.

p>"Jadi uang hasil rampokan itu digunakan untuk belanja, makan-makan danngudud(merokok)," ujar Kanit Opsnal Jatanras, Ditreskrimum, Polda Kalsel, AKP Endris Ary Dinindra kepada apahabar.com, Kamis (9/9) malam.

Ketiga pelaku berinisial J (20), JA (15), dan ARD (14). Keduanya masih berstatus pelajar. Hanya JA yang telah putus sekolah. Sehari-hari mereka bertiga tinggal di sebuah dusun di Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar. Orang tua mereka hidup sebagai petani. Di dusun inilah biasa Sukirman menjajakan es krim keliling.

"Mereka bertiga berteman, tidak ada hubungan saudara," ujar Endris.

Sukirman tumbang dengan sekujur luka tebasan. Paling fatal mengenai dada kirinya. Usai membunuh, ketiganya lalu membuang motor dan kotak es milik Sukirman. Jasadnya dikubur di sebuah hutan di kawasan setempat. Ironisnya, aksi ini diketahui oleh orang tua ARD dan J.

"Kami tangkap kedua orang tua mereka, karena ikut membantu menguburkan Sukirman usai dibunuh," ujar Endris.

Dari hasil pembunuhan itu, ketiganya mendapat Rp750 ribu (sebelumnya ditulis Rp250 ribu) uang hasil jualan Sukirman. Uang itu dibagi rata Rp250 ribu.

Polisi menduga kuat ketiganya juga terlibat dalam aksi serupa di sejumlah daerah lain. Untuk pastinya, Satreskrim Polres Banjar masih melakukan pendalaman.

Lima bulan buron, para pelaku akhirnya ditangkap tanpa perlawanan, Senin (20/9) dini hari. Endris mengatakan kendala pengungkapan kasus ini adalah minimnya warga sekitar memberikan kesaksian.

"Hingga akhirnya ada warga yang mau melapor ke kami setelah curiga dengan gerak-gerik anak-anak ini setelah terjadinya pembunuhan Sukirman," jelasnya. (*)

Dilengkapi oleh Ahmad Syaifin Nuha

Trio Perampok Paman Es Kandangan Ditangkap, Dugaan Pembunuhan Berantai di Paramasan Mencuat

>