Kebakaran Pemukiman

Tak Ada yang Tersisa! Cerita Pilu Korban Kebakaran Mampang: Saya Ikhlas

Riman (65), terpaksa kehilangan seluruh harta bendanya buntut kebakaran yang melahap habis tempat tinggalnya.

Riman (65) menceritakan kronologis kebakaran yang terjadi di rumahnya di Jalan Bangka Buntu I RT 08/RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta. (Foto: apahabar.com/Leni)

apahabar.com, JAKARTA - Riman (65), terpaksa kehilangan seluruh harta bendanya buntut kebakaran yang melahap habis tempat tinggalnya.

Peristiwa nahas itu terjadi di Jalan Bangka Buntu I RT 08/RW 05, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta pada Senin (26/12) sekitar pukul 19.30 malam.

Kronologi Kebakaran

Pada malam itu, tiba-tiba api menjalar dari salah satu rumah penduduk di RT 08/RW 05. Kemudian, api dengan cepat merambat ke pemukiman warga lainnya sehingga rumah kontrakan Riman ikut terbakar.

Saat itu Riman mengaku meninggalkan istrinya sendiri di rumah, karena ada urusan mendadak yang harus ia selesaikan di rumah sakit.

Baca Juga: [Update] Kebakaran di Mampang Jaksel: Sebanyak 600 Jiwa Terdampak Diungsikan

"Pas itu saya lagi ada keperluan di luar rumah, lumayan jauh, pas dengar kabar kebakaran, tanpa mikir panjang saya langsung balik lagi ke rumah. Kepikiran istri saya sendirian gimana nasibnya," ujar Riman kepada apahabar.com, Senin (27/12).

Sedangkan untuk kedua anaknya, mereka masing-masing sudah berumah tangga dan tinggal berpisah dengan Riman dan istrinya.

Harta Benda Ludes Terbakar

Akibat panik berada di rumah sendirian, Siti (58), istri Riman mengaku kebingungan. Dirinya terlalu bingung memilih barang mana yang harus diselamatkan.

Hingga akhirnya, musibah itu tak menyisakan harta benda apapun bagi Siti. Hanya baju yang melekat di badan dan beberapa berkas-berkas penting berhasil diselamatkan.

Baca Juga: Kebakaran di Mampang Jakarta Selatan Berimbas pada 179 Kepala Keluarga

"Semuanya hangus, mulai dari hp, uang tunai, barang-barang berharga. Mungkin saat itu karena istri saya panik sendirian kan," ujarnya kepada apahabar.com.

Berkas-berkas Masih Terselamatkan

Namun, beruntungnya Riman ketika mendengar istrinya sempat menyelamatkan sejumlah berkas penting, seperti ijazah anaknya hingga surat tanah.

"Tapi untungnya, pas dia sudah lari keluar, ada yang ingetin buat selamatin berkas-berkas penting, akhirnya itu yang tersisa, selain baju yang kita gunakan saat ini," kata Riman berkaca-kaca.

Tak Ada Korban Jiwa dan Luka

Kendati tidak ada yang tersisa, Riman sangat bersyukur karena istrinya bisa selamat tanpa luka sedikitpun. Mungkin hanya trauma saat ini yang masih membekas dalam ingatan Siti.

Baca Juga: Si Jago Merah Mengamuk, Bakar Sejumlah Rumah di Mampang Prapatan

Atas musibah yang menimpa dirinya tersebut, Riman mengaku ikhlas. Sebab, dirinya percaya akan ada hikmah di balik semua peristiwa yang menimpa seluruh warga Bangka, khususnya di RT 08 RW 05.

"Saya ikhlas, yang penting nyawa istrinya saya selamat, buat semuanya, semoga ada gantinya lagi dari allah buat kita para korban," pungkas Riman.