GIIAS 2023

Spesifikasi Lengkap All New Honda CR-V Hybrid, Harganya Bikin Melongo

All New Honda CR-V Hybrid resmi melantai dalam perhelatan GIIAS 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

All New Honda CR-V Hybrid rilis di GIIAS - apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA  – All New Honda CR-V Hybrid resmi melantai dalam perhelatan GIIAS 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Sebagai SUV Premium, Honda CR-V Hybrid diklaim memiliki mesin bertenaga sekaligus efisien, dan teknologi konektivitas canggih serta fitur keselamatan terlengkap.

President Director PT Honda Prospect Motor, Kotaro Shimizu mengatakan bahwa sebagai SUV flagship, CR-V Hybrid ini menawarkan teknologi yang lebih canggih, performa lebih bertenaga, efisien dan premium.

"Kami percaya All New Honda CR-V juga akan disambut baik oleh konsumen di Indonesia," kata Shimizu saat jumpa pers di arena GIIAS 2023, Jumat (11/8).

Baca Juga: Honda Hadirkan 5 EV Termasuk All New CR-V Hybrid di GIIAS 2023

Untuk pasar otomotif nasional, Honda CR-V hadir dalam dua varian yakni All New CR-V 2.0L RS e:HEV yang mengusung mesin hybrid

Selain itu, All New Honda CR-V juga hadir dalam varian 1.5L Turbo, dengan konfigurasi 7-seater.

Tidak itu saja, generasi keenam dari CR-V ini untuk pertama kalinya di Indonesia mengusung fitur Honda Connect, teknologi konektivitas yang menghubungkan mobil dengan aplikasi di gawai penggunanya.

Dari sisi keselamatan, CR-V teranyar ini juga didukung fitur keselamatan Honda Sensing terlengkap dari seluruh lini yang dipasarkan di Tanah Air.

Mesin CR-V RS e:HEV

All New CR-V RS e:HEV dibekali mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Honda memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer.

Baca Juga: Honda Hadirkan Enam Jaringan Diler di Sumatra, Aceh hingga Lampung

Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335  Nm.

Cara kerja mesin hybrid CR-V baca di halaman selanjutnya...

Cara Kerja Mesin e:HEV

Teknologi e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis yang mana kedua motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen.

Dengan begitu dapat menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien bahan bakar di berbagai situasi.

Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System  yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode.

Baca Juga: HRC Uji Coba Honda Civic Type R-GT sebelum Ikut Balap Super GT 2024

Ketiga mode itu secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai mobil.

Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV di mana hanya baterai yang menggerakkan motor.

Hal itu menjadikannya tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid.

Baca Juga: ION Mobility Rilis Warna Baru Motor Listrik M1-S di GIIAS 2023

Mode hybrid itu membuat mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik.

Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive,

Untuk mode itu, mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.

Sementara Deceleration Paddle Selector pada CRV RS e:HEV memiliki fungsi sebagai pedal deselerasi (perlambatan) untuk memaksimalkan pengisian daya baterai lewat pengereman (regenerative braking).

Baca Juga: Daihatsu Vizion F Mejeng di GIIAS 2023, Mungil tapi Multifungsi

Semakin besar level perlambatan maka semakin banyak daya yang diserap oleh baterai.

Pengguna dapat menggunakan Shift B untuk memberikan perlambatan yang aman bahkan di jalan menurun yang curam, sekaligus pengaturan pengisian baterai yang lebih optimal.

All New Honda CR-V 1.5L

Sementara itu, All New Honda CR-V 1.5L Turbo menggunakan mesin berkapasitas 1.5-liter direct-injected 4-Cylinder DOHC VTEC Turbo.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimum 240 Nm pada putaran 1.700-5.000 rpm.

Teknologi Honda Connect

Dengan teknologi Honda Connect, pengguna dapat menghubungkan mobilnya dengan smartphone untuk mengakses berbagai fungsi dan informasi pada mobil.

Fitur ini menjanjikan teknologi konektivitas canggih dengan tiga nilai yaitu kemudahan, keselamatan serta keamanan.

Untuk pilar kemudahan membantu pengguna mendapatkan informasi dengan lebih cepat melalui smartphone.

Pengguna dapat menemukan fitur Vehicle Status untuk mengakses berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti tingkat bahan bakar, status baterai hingga status airbag.

Terdapat pula fitur Remote Vehicle Control yang memungkinkan pengguna mengontrol fungsi kendaraan melalui ponsel pintar.

Pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan mesin dan A/C hingga mengontrol mobil untuk memberikan respons berupa lampu yang berkedip pada saat mencari posisi mobil.

Sementara itu pada nilai Safety memberikan rasa keselamatan kepada penggunna Honda di mana terdapat fitur Automatic Collision Detection.

Fitur ini bekerja untuk mengirim notifikasi secara otomatis ke Call Center Support dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan yang menyebabkan airbag depan mengembang.

Kemudian Call Center Support akan menghubungi pengguna yang mana fitur ini, pengguna akan mendapatkan bantuan secepat mungkin.

Setelah itu terdapat fitur Security Alarm yang aktif apabila kendaraan pengguna mengalami gangguan yang menyebabkan alarm kendaraan menyala seperti membuka pintu mobil secara paksa.

Fitur ini akan bekerja untuk memberikan notifikasi tentang kondisi dari kendaraan ke smartphone pengguna.

Terdapat juga fitur canggih Speed Alert yang di mana pengguna mendapat notifikasi ke ponsel saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Kemudian dalam nilai Security terdapat berbagai fitur yang meningkatkan rasa aman pengguna terhadap kendaraannya.

Fitur Find My Car mempermudah pengguna untuk menemukan posisi kendaraan terkini maupun sedang terparkir.

Selanjutnya terdapat pula fitur Geofence yang akan memberi notifikasi apabila kendaraan melaju keluar atau masuk dari radius dan lokasi yang sudah ditentukan.

Kemudian ada fitur Emergency Call untuk menghubungi Honda Customer Care dan Experience Honda di saat keadaan darurat

Fitur Keselamatan

Sebagai sebuah SUV premium, All New CR-V RS e:HEV dibekali serangkaian teknologi keselamatan dengan teknologi terdepan.

Sistem Honda Sensing hadir dengan fitur Adaptive Driving Beam yang secara otomatis mengatur distribusi pencahayaan lampu depan saat mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau objek di depannya.

Selain itu, teknologi Sensing pada CR-V juga dilengkapi dengan fungsi Collision Mitigation Braking System (CMBS), dan Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF).

Ada pula Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW),  Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

Tak ketinggalan fitur keselamatan lainnya seperti Hill Descent Control sebagai kontrol tambahan saat kendaraan melalui kondisi jalan yang menurun dan terjal atau licin.

All New Honda CR-V telah dilengkapi 8 airbags yang terdapat di bagian depan, sisi samping dan kini hadir Knee Airbags.

Sementara itu CR-V RS e:HEV  memiliki fitur Active Cornering Light yang membantu pengguna untuk melihat objek di depan saat berbelok.

Desain Eksterior dan Interior

All New CR-V RS e:HEV mempunyai tampilan desain eksterior yang sporty dan premium dengan grill depan All New Honda CR-V ber emblem RS dan sentuhan warna Piano Black.

Mobil ini juga pertama kali yang sematkan emblem RS di mana sebelumnya axa pada lini sporty mulai dari New Brio RS, WR-V RS, City Hatchback RS, All New HR-V RS serta All New Civic RS.

Kemudian desain logo Honda menggunakan warna biru yang menunjukkan mobil ini menggunakan mesin hybrid.

Lampu depan All New Honda CR-V menggunakan LED Headlight with LED Sequential Turn Signals

Pada bagian samping, terlihat garis lurus kebelakang mobil serta roof rail yang memberi kesan gagah dan tangguh.

Mobil ini dilengkapi Lock Pre-setting pada handle pintu yang akan otomatis terkunci setelah pengemudi mengunci pintu terlebih dahulu kemudian menutup pintu lainnya.

Lampu belakangnya juga sudah menggunakan LED Tail Light dan LED Rear Fog Light serta penyematan e:HEV Emblem.

CR-V baru ini menggunakan desain Alloy Wheel berukuran 19 inci black alloy wheels design dan penambahan warna smoke pada All New Honda CR-V RS e:HEV.

Kemudian masuk ke bagian interior, All New Honda CR-V RS e:HEV menawarkan kabin yang luas dan nyaman.

Kabin dirancang dengan tampilan premium dengan menghadirkan jok berlapis material kulit serta dihiasi jahitan merah.

Bahan tersebut juga digunakan pada roda kemudi sehingga memberi kesan sporty serta dilengkapi fitur Driver Memory Seat dan head-up display.

Pada bagian dashboard memiliki desain yang baru dengan 9 inci Display Audio yang mendukung Android Auto dan wireless Apple CarPlay serta 10,2 inci Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting.

Pada CR-V RS e:HEV terdapat Qi-compatible dengan maksimum 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system.

Lalu Interior Ambient Light warna putih yang ditempatkan di beberapa lokasi seperti di center console tray, cup holder serta panel pintu depan dan belakang.

Kabin penumpang baris kedua dilengkapi juga dengan Panoramic Sunroof, serta sistem AC disematkan penyesuaian suhu secara independen (kiri dan kanan).

Kemudian ada rear ventilation serta electrostatic touch LED di lampu kabin belakang dan didukung dengan lampu belakang sentuh LED serta 2 port USB Type C.

All New Honda CR-V tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan warna terbaru Canyon River Blue Metallic serta Ignite Red Metallic (khusus tipe RS).

All New Honda CR-V RS e:HEV ditawarkan dengan harga Rp799,9 juta dan untuk varian 1.5L VTEC Turbo memiliki harga Rp739,9 juta (on the road Jakarta).