Hot Borneo

Sosok Pemilik Rumah Bak Istana di Kertak Hanyar Dikenal Dermawan

apahabar.com, MARTAPURA – Megah bak istana. Sebuah bangunan di Jalan Ahmad Yani Km 9,7 Kertak Hanyar,…

Pintu gerbang ‘istana’ megah di Jalan Ahmad Yani Km 9,7 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Foto-apahabar/Riki

apahabar.com, MARTAPURA – Megah bak istana. Sebuah bangunan di Jalan Ahmad Yani Km 9,7 Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kembali ramai jadi perbincangan warganet.

Beberapa potongan video singkat yang beredar luas di berbagai grup WhatsApp memperlihatkan kemewahan bagian interior bangunan berdesain ala Eropa klasik itu.

Barang-barang hiasan yang terpampang didominasi warna keemasan. Bahkan, wastafel sekalipun. Ada juga kolam renang yang dibelah satu jembatan.

Pada bagian eksterior, Ada kubah-kubah yang disangga dengan pilar-pilar besar. Semua wajah bangunan ini didominasi warna cokelat, sehingga menambah kesan elit.

Pertama kali mencuat pada 2017 silam, banyak spekulasi liar perihal fungsi bangunan ini. Mulai dari isu bakal jadi hotel hingga rumah ibadah.

Guna memastikan kebenaran, apahabar.com mencoba melakukan penelusuran ke lokasi tersebut pada Jumat (25/3) siang.

Dari pantauan di lapangan, tampak sejumlah orang sedang sibuk melakukan kegiatan. Ada yang bersih-bersih halaman hingga mengecat tembok bangunan di bagian depan.

Di bagian tengah depan rumah, terdapat satu buah patung cupid menjulang berjejer dengan beberapa patung kuda. Itu sepintas yang terlihat dari depan pagar teralis.

Sayangnya, akses masuk tertutup. Seorang petugas jaga tak memperbolehkan reporter bertemu dengan pemilik bangunan.

Video Rumah Mewah di Kertak Hanyar Jadi Sorotan Warganet: Sultan Kalsel!

"Tidak bisa sembarangan bertemu," katanya, seakan memberi isyarat bahwa pemilik sedang berada di dalam.

Meski begitu, dirinya menegaskan bahwa bangunan ini merupakan milik pribadi. "Sejak awal, IMB (izin mendirikan bangunan) nya sudah jelas," tambahnya.

Petugas lainnya, juga enggan menyebut namanya itu menambahkan video singkat yang beredar ramai di media sosial diambil sejak Selasa (22/3) lalu.

"Saat itu ada kegiatan syukuran," singkatnya.

Namun, ia tampak memilih hemat bicara. Enggan memberikan banyak informasi soal bangunan megah bak istana itu.

"Dengan kondisi seperti ini, ya bisa ditaksir sendiri lah berapa biaya yang dihabiskan," tutupnya.

Simak selengkapnya sosok pemilik yang dikenal dermawan

Sosok yang Dermawan

Jika dilihat dari status adminstranif, istana megah dengan luas sekitar 25×400 meter ini tepatnya masuk di wilayah Kelurahan Mandar Sari RT 05, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Kendati dapat dipastikan sang pemilik bukan warga asli sekitar.

Lantas, siapa sosok “sultan” di balik rumah mirip istana tersebut? Pertanyaan ini kembali disodorkan ke salah satu petugas di kawasan tersebut. Namun, sekali lagi, ia lebih memilih hemat bicara. "Tidak tahu, yang jelas milik pribadi," dalihnya menyisipkan sedikit senyum.

Tidak berhenti sampai di situ. Media ini kembali melanjutkan penelusuran. Dari isu yang berkembang, pemilik merupakan seorang pengusaha tambang batu bara dan sawit di Kalimantan Selatan dan Tengah.

Begitu juga yang diakui Ketua RT 05 Mandar Sari, Sabaruddin.

"Tapi sampai ini tidak tahu namanya dan belum pernah juga bertemu langsung dengan orangnya," bincangnya kepada apahabar.com, Jumat (25/3).

Meski tak begitu mengenal, Sabaruddin mengakui pemilik rumah megah di kawasannya itu adalah sosok yang dermawan.

Hal itu terbukti dari seringnya warga setempat mendapat bantuan dari yang bersangkutan. "Komunikasi dari perwakilan pemilik rumah juga selalu terjalin. Setiap aktivitas dilaporkan ke ketua RT," tambahnya.

Bagaimana dengan isu hotel? Sabaruddin kembali menyangkal. Menurutnya bangunan itu semata-mata hanya untuk tempat tinggal pribadi. Tak mungkin jadi hotel mewah atau bahkan rumah ibadah.

Sementara itu berdasarkan penelusuran apahabar.com dalam postingan akun TikTok @annieyulius, yang disebut-sebut sebagai istri sang pemilik nampak acara pemberkatan rumah mewah.

Postingan yang diunggah sekitar 2 jam lalu itu lalu banyak beragam komentar.

Viral Rumah Mewah di Kertak Hanyar Banjar, Dalamnya Bikin Melongo