Pemko Banjarbaru

Serahkan Bantuan Hewan Ternak, Wali Kota Banjarbaru Puji Kinerja UPT BPP Cempaka

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninjau UPT Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cempaka, Kamis…

Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah saat menyerahkan bantuan hewan ternak ke kelompok tani UPT BPP Cempaka. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninjau UPT Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cempaka, Kamis (2/7).

Di sana, dia ditemani Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru, Siti Hamdah.

Setelah melakukan peninjauan, Nadjmi menyerahkan bantuan hewan ternak ke Kelompok Tani Cempaka.
Jumlah bantuan yang diberikan terdiri dari 460 ekor bebek dan 40 ekor ayam.

“Bantuan ini diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Cempaka yang berprofesi petani,” ujar Nadjmi sapaan akrabnya.

Selain memberikan bantuan, Nadjmi juga melihat program-program pertanian yang sudah berjalan sekaligus menyampaikan evaluasi untuk perbaikan.

“Di sini sudah sangat berkembang. Kami berharap dari hasil pertemuan ini dapat menjadikan UPT BPP Cempaka makin baik dalam melakukan pembinaan kepada kelompok tani,” terangnya.

Masyarakat Cempaka yang mayoritas berprofesi sebagai pendulang intan juga diharapkan dapat beralih profesi ke bidang pertanian. Karena sektor pertanian dinilai memiliki prospek yang lebih menjanjikan.

“Contohnya di Bangkal dikenal sebagai penghasil padi yang berkualitas bagus. Sungai Tiung daerah Sungai Abid itu penghasil melon dengan kualitas yang bagus. Ada yang sampai 6 atau 7 kilogram beratnya. Dan perternakannya juga kita ingin kembangkan. Jadi masyarakat bisa menikmati pembangunan. Hasilnya nyata dan dirasakan langsung,” jelas Wali Kota Banjarbaru itu.

Banyaknya torehan prestasi kelompok tani Cempaka itu, tak lepas dari peran UPT BPP Cempaka. Atas dasar itu pula Nadjmi mengapresiasi kinerja UPT BPP Cempaka dengan memberikan penghargaan kelompok tani serta piala sebagai UPT BPP terbaik se-Kota Banjarbaru.

“UPT BPP Cempaka ini insyaallah juga mewakili Kota Banjarbaru untuk dilakukan penilaian di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga UPT BPP Cempaka menjadi yang terbaik di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Senada dengan Nadjmi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah juga mengapresiasi keberhasilan UPT BPP Cempaka dalam mengelola kelompok taninya.

“Kami menginginkan UPT BPP ini sebagai miniatur Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru,” ucap Hamdah.

Dia menilai balai penyuluhan pertanian di Cempaka yang dijadikan tempat belajar masyarakat mengenai pertanian maupun peternakan sudah tepat. Setidaknya jika dilihat dari fasilitas yang mempuni dan program program kerja yang efektif.

“UPT BPP ini sangat berperan dalam meningkatkan hasil dari pertanian mau perternakannya,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela