Kedalaman Banjir di Sejumlah Ruas Jalan Barabai HST Berangsur Surut

Ruas jalan yang sempat terendam diantaranya, Jalan Padawangan, Jalan alternatif Pasar 2 dan Pasar 3 Murakata, Jalan Kamasan, Jalan Bulau Sarigading,

Jalan Kamasan, Barabai, HST yang sempat terendam banjir, Jumat (8/12) pagi. Foto: apahabar.com/Luthfia

apahabar.com, BARABAI - Sejumlah ruas jalan di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang sempat terendam banjir kini berangsur surut.

Pantauan apahabar.com Jumat (8/12/23), lokasi ruas jalan yang sempat terendam, di antaranya Jalan Padawangan, Jalan alternatif Pasar 2 dan Pasar 3 Murakata, Jalan Kamasan, Jalan Bulau Sarigading, Jalan Ulama, dan Jalan Kampung Qadhi.

Selain itu, beberapa pemukiman warga di jalur bantaran sungai Barabai juga ikut terendam banjir.

Diketahui, sebelum merendam sejumlah jalan dan pemukiman warga Barabai, banjir terlebih dahulu singgah dan menggenangi pemukiman warga Desa Aluan, Kecamatan Batu Benawa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H Ahmad Apandi sebelumnya sudah mengimbau warga bahwa diperkirakan debit air di pegunungan akan turun ke Kota Barabai pada Kamis (7/12/23) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

"Benar saja saat malam hari, air sungai di Kota Barabai mengalami kenaikan sekitar 10 centimeter dari bibir jalan raya," ujarnya.

Air terus naik hingga pagi hari sehingga banjir terjadi. Namun kini, air yang sempat merendam sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga tersebut sudah surut.