Sejumlah Anggota DPRD Banjar Mangkir, Fraksi Tetap Terbentuk

DPRD Kabupaten Banjar menggelar Rapat Pripurna perdana, Selasa (17/9) siang. Sejumlah anggota dewan ada saja yang mangkir rapat.

Pasca-pelantikan, DPRD Banjar menggelar Rapat Paripurna perdana dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi dan penetapan calon pimpinan dewan definitif, Selasa (17/9/2024). foto-bakabar.com/hendralianor

bakabar.com, MARTAPURA - Setelah resmi dilantik 4 September 2024 lalu, DPRD Banjar menggelar rapat paripurna perdana, Selasa (17/9) siang. Meskipun demikian, ada saja anggota yang mangkir rapat.

Paripurna tersebut beragendakan pembentukan fraksi - fraksi dan penetapan calon pimpinan defenitif DPRD Banjar masa jabatan 2024-2029.

Terpantau 37 dewan yang hadir dari total 45 anggota dewan. Artinya 8 dewan abstain. Kendati demikian, rapat sudah melebihi korum.

Di sisi lain, rapat paripurna yang dijadwalkan pukul 13.00 Wita molor satu jam lebih. Pukul 14.15 Wita baru dimulai.

Ketua Sementara DPRD Banjar H Agus Maulana tak mempermasalahkan adanya sejumlah anggota dewan tidak hadir.

"Setelah (pimpinan) sudah definitif dan AKD (alat kelengkapan dewan) sudah terbentuk, itu akan jadi wewenangnya ketua BK (badan kehormatan) dewan," kata Agus usai memimpin paripurna.

Soal siapa yang akan menjadi BK, Agus mengakan nantinya akan disepakati bersama berdasarkan usulan dari masing - masing fraksi.

"Semoga yang jadi ketua BK nantinya yang punya ketegasan," pungkasnya.

Dalam paripurna tadi, semua peserta rapat menyatakan sepakat atas penetapan calon pimpinan DPRD Banjar definitif.

Mereka adalah H Agus Maulana (Golkar) sebagai ketua dewan, adapun Irwan Bora (Gerindra), Akhmad Rizanie Anshari (NasDem), dan KH Ali Murtadho (PPP) masing - masing sebagai wakil.

Selanjutnya Bupati Banjar akan menyerahkan nama - nama calon pimpinan dewan tersebut kepada Gubernur Kalsel untuk disahkan sebagai pimpinan definitif.

Adapun pembentukan fraksi - fraksi juga telah disepakati. Yaitu, Ketua Fraksi Golkar H Abdul Razak, Ketua Fraksi NasDem Derwana Parmei Golles JN, Ketua Fraksi PPP Amiruddin, Ketua Fraksi PKB M Zaini, Ketua Fraksi Gerindra Helda Rina, Ketua Fraksi PAN Kursani, dan Ketua Fraksi Bintang Demokrat Sejahtera yaitu Sayyid Abu Bakar Bahasyim.