Satu Pohon Tumbang Menutup Ruas Jalan Hevea HST

Diketahui, pohon tumbang tersebut diakibatkan oleh hujan lebat disertai angin kencang pada Minggu (31/12/23) malam lalu.

Pembersihan ranting-ranting pohon tumbang di Jalan Hevea, Kecamatan Barabai, HST. Foto-Dok Kodim 1002/HST

apahabar.com, BARABAI - Satu pohon kembali tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang di HST, Minggu (31/12) malam.

Kali ini terjadi di Jalan Hevea, RT 05 RW 02, Kelurahan Barabai Darat, Kecamatan Barabai, HST.

"Hujan yang terjadi pada malam hari disertai angin kencang itu mengakibatkan satu pohon tumbang dan menutup ruas jalan," jelas Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, melalui Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono.

Ia mengatakan ranting-ranting pohon yang sempat menutup ruas jalan saat ini sudah dibersihkan dengan bantuan dari Koramil 1002-02/Barabai, BPBD HST dan PLN Up3 Barabai pada Senin (1/1/24) pagi.

Selain pohon tumbang akibat hujan deras, banjir juga kembali merendam sebagian wilayah Kecamatan Barabai khususnya yang berada di bantaran Sungai Barabai.

Beberapa wilayah tersebut yakni, Desa Mandingin, Kelurahan Barabai Darat, Kelurahan Barabai Selatan, Kelurahan Bukat, Kelurahan Barabai Utara.

Kemudian juga di Kecamatan Pandawan yakni di Desa Jaranih Dan Masiraan. Sedangkan Kecamatan Batu Banawa sudah lebih dulu terendam pada malam harinya yakni di desa Aluan Besar, dengan ketinggian air bervariasi dari 30 hingga 50 sentimeter.

"Untuk saat ini air sudah mengalami penurunan," ujar Rudi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, H Ahmad Apandi mengatakan sudah menyebar imbauan bagi warga terkait akan datangnya banjir di musin hujan ini.

Imbauan tersebut, kata dia, ditujukan kepada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah dataran rendah atau bantaran sungai untuk waspada banjir.

"Kami minta warga jangan panik, tetap tenang namun waspada. Juga agar mengamankan aliran listrik, persiapkan tas berisi perlengkapan pribadi, mengisi penampungan air bersih dan lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Duka Tahun Baru, Tiga Rumah di Kambat Selatan HST Hangus Terbakar