Tak Berkategori

Saban Hari di Banjarbaru, 100 Ton Sampah Diangkut

apahabar.com BANJARBARU – Sampah menjadi permasalahan klasik semua daerah di Kalimantan Selatan. Termasuk di Kota Banjarbaru,…

Salah satu tempat pembuangan sampah warga Jalan Rambai Timur Sumber Adi, Guntung Paikat, Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com BANJARBARU – Sampah menjadi permasalahan klasik semua daerah di Kalimantan Selatan.

Termasuk di Kota Banjarbaru, sebagai Kota yang terus berkembang, termasuk pemukimannya.

Tercatat setiap harinya ratusan ton sampah, dihasilkan oleh masyarakat Kota Banjarbaru. Beruntung Kota Pendidikan ini memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Kupang di Cempaka.

Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru Subhan mengakui, sampah menjadi salah satu fokus masalah setiap hari yang dihadapi Dinasnya. Mulai dari sampah rumah tangga, sampah plastik, sampai dengan sampah industri.

Baca Juga:PUPR Banjar Segera Lakukan Tender Pembangunan Jembatan yang Ambruk

“Betul produksi sampahnya di Kota Banjarbaru cukup banyak. Setiap hari kami bolak-balik mengangkut sampah sekitar 100 ton lebih ke TPA Gunung Kupang,” ungkapnya kepada apahabar.com Jumat (20/12) siang.

Dia menjelaskan, sampah ini tersebar merata di ratusan TPS di Kota Banjarbaru. Mulai dari Kecamatan Liang Anggang, Landasan Ulin, Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, Sampai dengan Cempaka.

“Tercatat kurang lebih 300 TPS di Banjarbaru kami angkut sampahnya setiap, menggunakan 48 truk,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengangkutan sendiri dilakukan pada pagi dan sore hari. Sedikitnya dua sampai tiga titik TPS, yang diangkut oleh satu unit truk Bidang Persampahan DLH Banjarbaru.

Beruntung, TPA Gunung Kupang Cempaka yang memiliki kuasa kurang lebih 10 hektare. Masih mampu menampung sampai dengan 120 ton sampah setiap perharinya.

Baca Juga:Penambahan Tunjangan Guru Honor Ditelaah

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin