Rantis Maung

Prabowo-Jokowi Akur Mengendarai Rantis Maung, Segahar Apa Speknya?

Pada acara yang digelar beberapa hari lalu itu, kedua tokoh nasional tersebut terlihat akur saat mengendarai "harimau" atau Maung.

Jokowi dan Prabowo saat mengendarai rantis maung di Rapim Kemhan. (Foto: dok. Presiden RI)

apahabar.com, JAKARTA - Ada momen unik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) 2023.

Pada acara yang digelar beberapa hari lalu itu, kedua tokoh nasional tersebut terlihat akur saat mengendarai "harimau" di acara tersebut.

Tapi, harimau yang dimaksud di sini bukan binatang sungguhan loh, melainkan kendaraan taktis (rantis) yang dinamakan Maung, berarti harimau dalam Bahasa Sunda.

"Menjajal kendaraan "Maung" yang dikemudikan Pak Prabowo Subianto, seusai memberikan arahan dalam Rapim Kementerian Pertahanan 2023, siang ini." kata Presiden seperti dilansir apahabar.com dari akun Instagram @jokowi.

Baca Juga: Perluas Pasar, Shell Akuisisi Penyedia Pengisian Daya Kendaraan Listrik

"Kendaraan ini dirancang oleh PT Pindad untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan," tambahnya.

Maung yang berarti harimau merupakan sebuah kendaraan taktis ringan tempur jarak dekat modular 4x4 dengan medan offroad yang diproduksi di dalam negeri oleh PT Pindad yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit Puji Santosa menjelaskan, varian tangguh bisa dilengkapi dengan senjata.

Baca Juga: Hyundai dan Kia Catat Kenaikan Penjualan 4,2 Persen Sepanjang 2022

Oleh karena itu, versi ketiga dari Maung itu dapat digunakan sebagai kendaraan taktis dalam peperangan.

"Variannya ada komando untuk para komandan atau kolonel ke atas, itu yang hard-top jadi atapnya removable hard-top. Kemudian ada yang versi soft-top, varian jelajah. Jadi ada tiga varian, komando, jelajah, dan tangguh," ungkap Sigit.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait dua varian lain yang dimiliki Maung.

Varian itu adalah komando untuk kebutuhan operasional level komandan dan jelajah yang bisa digunakan dalam kebutuhan penjelajahan di wilayah-wilayah offroad.

Spesifikasi
Rantis Maung. (Foto: dok. PAGARALAMPOS)

Maung merupakan jenis Rantis Tipe Ringan 4x4, mampu mengangkut 4 personel.

Rantis Maung memiliki 5 pintu, yakni 4 di samping dan dapat dilepas, serta 1 pintu belakang.

Baca Juga: GM Jor-joran Produksi Mesin V-8, Siapkan 4 Pabrik di Amerika

Dengan ban berukuran R17, Maung memiliki dimensi panjang 4,9 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 1,8 meter. Bobot kosong Maung 2.160 kilogram dan berat maksimal 2.910 kilogram.

Untuk dapurpacunya, kendaraan taktis baru segahar harimau ini dilengkapi dengan dukungan mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota dengan daya maksimum 149 HP (3.400 Rpm), dan torsi maksimum 400 Nm (1600–2000 Rpm).

Dengan mesin tersebut, Maung dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 120 kilometer per jam.

Baca Juga: MG Indonesia Siap Luncurkan SUV Terbaru, Apa Kira-Kira?

Mobil ini memiliki kemampuan tanjakan dengan kemiringan 30 persen, daya tanjak 60 persen dengan radius putar 6,85 meter.

Maung mengusung transmisi manual 6 percepatan, dengan suspensi depan independen, dan suspensi belakang rigid.

Ketangguhan rantis itu makin lengkap dengan kapasitas tangki BBM 80 liter, sehingga memiliki daya jelajah hingga 800 kilometer.