Pilkada 2024, Kapolda Kalsel Minta Saling Jaga Kamtibmas di HSS

Polda Kalsel menggelar deklarasi damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Deklarasi damai Pilkada 2024 Polda Kalsel digelar di Pendopo Kabupaten HSS pada Senin (22/10) malam.

bakabar com, KANDANGAN - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar deklarasi damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengatakan bahwa deklarasi damai dilaksanakan agar dapat terwujud harmoni, kamtibmas dan pembangunan masyarakat yang aman dan kondusif dalam Pilkada.

"Baik penyelenggara maupun pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati HSS bisa berkomitmen saling menjaga Pemilu damai," kata Irjen Pol Winarto.

Pihaknya mengungkapkan bahwa deklarasi damai Polda Kalsel di Kabupaten HSS merupakan yang ke empat dan rencananya bakal dilakukan di seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel.

Adanya deklarasi tersebut diharapkan bisa membuat jalannya Pemilu Kalsel menjadi damai serta suasana yang lebih sejuk menjelang tahapan akhir pada saat pencoblosan nanti pada 27 November mendatang.

"Siapapun yang terpilih nanti, harapan kita semua yang utama adalah untuk kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalsel, Aries Mardiono mengapresiasi inisiasi Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto dalam menggelar deklarasi damai Pilkada 2024.

"Melalui deklarasi kita mengajak penyelenggara, Paslon, dan seluruh masyarakat agar melaksanakan Pilkada secara damai," ungkapnya.

Aries mengungkapkan, tahapan Pemilu sekarang adalah masa kampanye yang merupakan hak Paslon menarik pemilih dengan cara menyampaikan visi misi langsung kepada masyarakat sesuai dengan aturan.

"Kampanye harus dilakukan dengan penuh dengan tanggung jawab, ada ketentuan dan larangan. Kalau melanggar ada konsekuensinya," lanjut Aries.

Untungnya hingga saat ini di wilayah Kabupaten HSS, Bawaslu belum ada informasi atau menerima laporan ditemukan adanya pelanggaran.

"Itu bentuk dari komitmen para Paslon yang menjunjung tinggi asas dan mentaati aturan sehingga dalam proses kampanye ini dijalankan dengan baik," jelasnya.

Diketahui, Pilkada 2024 di Kabupaten HSS terdapat tiga Paslon yakni nomor urut 1 Hermansyah-Yopie Alfiani, nomor 2 Ja'far-M Faizal Akbar, serta Paslon 3 Syafrudin Noor-Suriani.