Perempuan Berdaya, 4 Usaha Ini Bisa Dirintis dari Rumah

Geliat partisipasi perempuan pada sector UMKM terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kemenkop UKM, perempuan mendominasi 64,5 persen sektor UMKM.

Tanaman hias. Foto: NusaduaToday.

apahabar.com, JAKARTA – Geliat partisipasi perempuan pada sector UMKM terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), perempuan mendominasi 64,5 persen sektor UMKM.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kontribusi perempuan cukup besar terhadap perekonomian dalam negeri.

Kehadiran sejumlah aplikasi untuk mempermudah kegiatan bisnis mendorong ukm perempuan untuk semakin maju.

Selain itu, banyak jenis usaha rumahan yang dapat dilakukan oleh perempuan. Berikut rekomendasi usaha rumahan yang bisa dirintis oleh perempuan.

Baca Juga: Wanita Tumbuh Bersama, Meningkatkan Partisipasi Lewat Kompetisi

Reseller dan Dropshipper

Menjadi reseller dan dropshipper terbilang cukup mudah dilakukan bagi kaum perempuan. Usaha tersebut juga termasuk sangat fleksibel terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tapi usaha tersebut memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Reseller sendiri merupakan usaha yang dilakukan dengan cara membeli barang dari supplier atau pemilik barang kemudian dijual kembali kepada pelanggan lain.

Banyak aplikasi online yang sudah menyediakan fitur untuk mempermudah penjual mencari supplier.

Kemudian untuk dropshipper menggunakan sistem berjualan dengan menerima permintaan barang dari konsumen untuk membeli barang dari supplier.

Kemudian barang akan dikirim ke konsumen tapi dengan mengatasnamakan penjual sebagai pengirimnya.

Baca Juga: Rumah BUMN: Kolaborasi Pelaku UMKM, Tingkatkan Pemasaran Produk

Menjual Tanaman Hias

Menjual Tanaman Hias bisa menjadi salah satu ide usaha rumahan yang bisa dilakukan perempuan. Usaha tersebut sangat cocok dilakukan bagi pecinta tanaman.

Tapi, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi dalam menjual tanaman hias. Contohnya seperti membutuhkan ruang untuk menampung tanaman hias yang akan dijual. Memiliki pengetahuan dasar dalam merawat tanaman.

Di sisi lain prospek menjual tanaman hias cukup menjanjikan. Terdapat jenis tanaman tersebut yang mampu dijual dengan harga jutaan rupiah.

Alasannya, selain karena langka, biaya perawatannya juga termasuk sulit, sehingga harga tanaman bisa telampau tinggi.

Baca Juga: Dorong Pendanaan UMKM, OJK Terapkan Empat Kebijakan P2P Lending

Menjual Kue Kering

Walapun sudah banyak dilakukan, tapi ide bisnis untuk menjual kue kering tetap laku dipasaran. Umumnya produk yang sering dijual adalah. kue kering seperti nastar, kue salju sampai dengan kastengel.

Tapi, karena sudah sangat banyak dipasaran persaingan dengan penjual lain juga cukup ketat. Selain harus enak, penjual perlu menawarkan suatu produk yang unik dan menarik untuk bisa menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga: Bermula Mencukur Rambut Menir Belanda, Asgar Eksis dan Melegenda

Jasa Laundry atau Binatu

Jasa laundry atau binatu mungkin terdengar seperti jenis usaha yang cukup sepele, tapi konsumen yang membutuhkan jasa tersebut terbilang cukup banyak. Sejumlah orang lebih memilih untuk membayar jasa pinatu ketimbang pembantu.

Selain itu, banyak orang yang hidup merantau dan harus mencuci pakaian. Di sisi lain banyak orang Indonesia yang cukup malas untuk mencuci pakaian. Sehingga Pinatu menjadi pilihan ide usaha karena dibutuhkan banyak orang,