Pencanangan Kampung Berkualitas, Anggota DPRD Palangka Raya Apresiasi Upaya Pencegahan Stunting

Anggota DPRD Palangka Raya, Kalteng, Ruselita mengapresiasi upaya pemerintah setempat dalam mengoptimalkan pencegahan stunting, di antaranya dengan mencanangkan

Anggota DPRD Palangka Raya, Kalteng, Ruselita. Foto: dayaknews.com

apahabar.com, PALANGKA RAYA - Anggota DPRD Palangka Raya, Kalteng, Ruselita mengapresiasi upaya pemerintah setempat dalam mengoptimalkan pencegahan stunting, di antaranya dengan mencanangkan Kampung Berkualitas.

"Tentu kami sangat mengapresiasi program KB dari Pemerintah Kota Palangka Raya ini sebagai upaya pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," kata Ruselita di Palangka Raya, Senin (3/7/2023) dilansir Antara.

Ruselita mengatakan, untuk mencapai hasil yang optimal dalam upaya pencegahan stunting yang efisiensi dan efektifitas, perlu dilakukannya aksi secara komprehensif, terpadu dan bersifat multisektoral.

"Sebagai upaya penanganan dan penyelesaian kasus stunting tidak dapat diselesaikan sendiri, semua pihak harus kolaborasi dan bersinergi dalam upaya percepatan penurunan stunting tersebut," kata srikandi di dewan Palangka Raya itu.

Ruselita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I Komisi C tersebut berharap, seluruh unsur perangkat daerah dapat menjadikan penanganan stunting sebagai prioritas untuk mewujudkan Palangka Raya bebas stunting kedepannya.

"Kami tau stunting bisa berakibat tidak optimalnya kecerdasan anak dan juga anak yang terindikasi stunting akan lebih rentan terhadap penyakit, selain itu. Maka kami berharap program KB ini bisa terus dimaksimalkan untuk mendapatkan hasil yang inginkan," ucapnya.

Ia menambahkan, salah satu upaya pencegahan stunting yakni dengan cara memberikan intervensi program kepada sasaran yang berisiko mengakibatkan stunting, yakni calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

"Harus terus kita kampanyekan upaya pencegahan stunting ini, karena untuk menjadikan generasi yang lebih baik kedepannya," tutur Ruselita.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya sudah mencanangkan 25 kelurahan KB yang tersebar diseluruh kecamatan.

"Setiap kecamatan ada dua atau tiga kampung KB, dan dari 30 kelurahan, tersisa lima kelurahan yang belum dicanangkan," kata Sekertaris DPPKBP3APM Kota Palangka Raya, Octavines S.K Tarigan.