Kalsel

Pelaku Pembakaran Lahan Diviralkan, BPBD Kalsel: Supaya Jera

apahabar.com, BANJARMASIN – Terciduk telah membakar lahan di Guntung Damar, Banjarbaru, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana…

Terduga pembakar lahan di Guntung Damar-Banjarbaru tertangkap kamera. Foto-dok BPBD Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Terciduk telah membakar lahan di Guntung Damar, Banjarbaru, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Wahyyudin menyebut sengaja diviralkan pihaknya supaya ada efek jera.

“Foto itu sudah kita sebar group Pusat Pengendalian Operasi. Di dalamnya ada sudah ada satgas Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan lainya. Jadi laporkan sudah masuk ke sana,” ujar Wahyyudin.

Dia menjelaskan, untuk penanganan pelaku pembakaran yang tertangkap kamera dron Minggu sore lalu itu sementara hanya diviralkan supaya diketahu oleh masyarakat banyak oknum tersebut dan menjadi contoh yang tidak patut ditiru.

“Sementara kita lihatkan dulu, soalnya lahan yang dibakar pelaku itu tak membesar. Sebab tim kita langsung bergerak,” ujarnya.

Wahyyudin juga mengatakan akan terus mengintai para pelaku pembakaran lahan tersebut lalu nanti diamankan dan diserahkan pada pihak berwajib.

Tim Karhutla pun selalu menyisir lokasi-lokasi tertentu untuk pengamanan. Selain kendaraan roda dua dan empat, BPBD Kalsel pun menurunkan tiga unit pesawat tanpa awak untuk memantau kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Baca Juga: Pembakaran Lahan Mulai Marak di Palangkaraya, Polisi Diminta Tindak Tegas Pelaku

Baca Juga: BPBD Kalsel Ciduk Oknum Pembakar Lahan di Guntung Damar Banjarbaru

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif