Pemko Banjarbaru

Pastikan Disiplin Prokes, Forkopimda Banjarbaru Lakukan Patroli Gabungan PPKM Level 2

apahabar.com, BANJARBARU – Meski level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banjarbaru turun, namun Pemerintah Kota…

Oleh Syarif
Patroli gabungan PPKM level 2 di Banjarbaru oleh aparat gabungan juga Forkopimda. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Meski level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banjarbaru turun, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru serius menegakkan protokol kesehatan (Prokes) bagi warganya.

Keseriusan itu dibuktikan dengan patroli gabungan PPKM level 2 yang melibatkan semua unsur penegak hukum serta Forkopimda Banjarbaru, Jumat (15/10) malam.

Sebelum patroli gabungan dimulai, terlebih dahulu dilakukan apel kesiapan di Lapangan Hitam Polres Banjarbaru.

Hadir Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin, Kapolres Banjarbaru, Dandim 1006/Banjar, Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Ketua Pengadilan Negeri Banjarbaru, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru serta Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru.

Dimana kegiatan patroli ini sendiri merujuk dari Instruksi Forkopimda Kota Banjarbaru Nomor :180/9/KUM/ 2021 tanggal 04 oktober 2021 tentang perpanjangan PPKM dalam penerapan level 2 di Kota Banjarbaru.

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin mengatakan bahwa giat patroli bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa Covid-19 masih ada di sekitar, walaupun Banjarbaru sudah berada di level 2. Sehingga, sebutnya tidak boleh abai dengan prokes.

Selain melaksanakan patroli, petugas gabungan juga membuat titik pemeriksaan disejumlah ruas jalan.”Di sana kita mengimbau kepada masyarakat tentang pentingnya prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas,” ujar Ovie sapaan akrabnya.

Yang mana, jelas Ovie, itu semua sangat penting diterapkan untuk menekan bahkan memutus mata rantai Covid-19.

Ditegaskannya pula untuk masyarakat agar jangan bereuforia karena turunnya level PPKM, karena bukan tidak mungkin kasus Covid-19 akan naik kembali jika masyarakat abai.

“Kita tidak ingin itu kembali. Insya Allah nanti akan kita adakan lagi (patroli),” terangnya.

Pada malam-malam yang menurutnya diperkirakan terjadi kerumunan-kerumunan seperti malam minggu, atau tempat-tempat tertentu.

Adapun malam kemarin, petugas gabungan menyasar ke Jalan Karanganyar, Murjani, Panglima Batur sampai dengan Bundaran Simpang Empat Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid menyampaikan bahwa pada patroli kali ini, pihaknya beserta jajaran Forkopimda Kota Banjarbaru juga TNI dan Satpol PP melaksanakan kegiatan patroli berskala besar.

Itu, berkaitan untuk memastikan kegiatan aktivitas masyarakat di lapangan, tetap menerapkan prokes.

Sebab menurut Khamid, hasil pengamatan di lapangan masih ditemukan adanya masyarakat yang berkumpul tidak menerapkan prokes,”ini juga harus diantisipasi,” tegasnya.

Ke depan sebutnya, ia berharap masyarakat benar-benar melaksanakan prokes tersebut, dan jika ditemui pelanggaran di lapangan maka akan diberikan tindakan peneguran langsung agar masyarakat sadar akan pentingnya penerapan prokes.

Untuk diketahui, selain imbauan, dalam kegiatan patroli gabungan ini juga dilakukan pembagian masker gratid kepada pengguna jalan yang kedapatan tidak memakai masker.