Nyaris Rampung, Polda Kalsel Bakal Pindah ke Banjarbaru Usai Pemilu

Pembangunan Markas Komando (Mako) Polda Kalimantan (Kalsel) di Banjarbaru terus digenjot. Pengerjaannya ditarget selesai di 2024. Pun rencana pemindahan.

Gedung Mako Polda Kalsel di Banjarbaru. Foto: Humas Polda Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN - Pembangunan Markas Komando (Mako) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru terus digenjot. Pengerjaannya ditarget selesai di 2024. Pun rencana pemindahan.

“Secepatnya pindah. Kalau tidak ada aral usai pemilu nanti,” ujar Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto usai acara serah terima jabatan pejabat baru di aula Mathilda, Jumat (5/1/2023).

Mako Polda Kalsel yang terletak di Jalan Dharma Praja Timur, Kelurahan Cempaka, Banjarbaru itu mulai dibangun sejak 2022 lalu. 

Didirikan di area seluas 10,600 meter persegi, pembangunan menggunakan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2022 senilai Rp 133.521.879.000.

Winarto mengatakan, baru-baru ini dirinya juga sudah melakukan pengecekan ke lokasi, guna memastikan sudah sejauh mana progres pembangunan. 

Meski banguan utama sudah selesai, namun masih ada beberapa fasilitas yang harus masih dibenahi. Khususnya untuk fasilitas-fasilitas umum. 

“Saya juga sudah melakukan pengecekan. Memang ada beberapa fasilitas umum yang harus segera diselesaikan dan dibanguan,” jelasnya.

Sejauh ini sudah ada sembilan satuan kerja (Satker) yang menempati Mako Polda Kalsel baru. Pemindahan sejumlah Satker itu dilakukan pada pertengahan 2023 lalu.

Sebut saja seperti Bidang Hubungan Masyarakat (Humas), Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas), Biro Logistik, Biro Perencanaan Umum dan Anggaran (Rena), Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Dit Pamobvit).

Kemudian Bidang Hukum, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam), dan Pelayanan Markas (Yanma).