Megaproyek IKN Nusantara

Menteri Zulhas Ajak Pengusaha AS Berinvestasi di IKN

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melobby penguasa Amerika Serikat untuk ikut dalam investasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melobby penguasa Amerika Serikat untuk ikut dalam investasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Foto : Apahabar.com, (Andrew Tito)

apahabar.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melobby pengusaha Amerika Serikat untuk ikut dalam investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Hal itu dilakukan Zulhas saat menghadiri forum Bisnis Indonesia-Amerika Serikat (AS) di New York, AS.

Dalam acara dengan tema "Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN," Zulhas katakan pentingnya investasi swasta salam maupun luar negeri untuk pembangunan infrastruktur transportasi dan logistik untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

"Pembangunan IKN ini merupakan proyek besar yang membutuhkan investasi dan kolaborasi antar berbagai pihak. Investasi swasta sangat terbuka lebar di berbagai sektor, termasuk sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur transportasi dan logistik," ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan, Selasa (21/11).

Baca Juga: PUPR: Dukungan Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Capai Rp60,99 Triliun

Dalam hal ini juga Zulhas memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kokoh, di tengah pembangunan IKN hingga mencapai 4,94 persen pada Q3 2023, dengan inflasi yang terkendali di 2,28 persen pada September 2023.

Zulhas juga berharap akan terjadi peningkatan kerja sama antara Indonesia dan AS dalam kesepakatan Comprehensive Strategic Partnership (CSP) yang ditingkatkan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden menjadi momentum positif dalam hubungan kedua negara.

Zulhas mengatakan investasi di IKN tidak hanya memberikan dampak ekonomi yang luas tetapi juga mendukung pertumbuhan sektor UMKM Indonesia.

Baca Juga: OIKN Proyeksikan Sepanjang 2023 Nilai Investasi Tembus Rp45 Triliun

Zulhas juga menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan untuk bekerja bersama Otorita IKN dan instansi terkait dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara yang berfokus pada pemerataan ekonomi.

"Kementerian Perdagangan juga akan bekerja secara berkesinambungan bersama Otorita IKN dan seluruh instansi terkait, dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara yang berasaskan pada pemerataan ekonomi, dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektor perdagangan yang lebih kuat dantransformatif," ujarnya

Dalam realisasi investasi Indonesia mencapai Rp 374,4 triliun hingga September 2023, menciptakan 516.467 lapangan kerja, dengan sektor utama seperti manufaktur, farmasi, pertambangan, kertas, transportasi, dan telekomunikasi..

Baca Juga: OIKN Tepis Anggapan IKN Tak Laku di Mata Investor Asing

Sektor swasta AS, terutama dalam bidang pertambangan, mesin, dan farmasi, kata Zulhas, berperan penting dalam investasi di Indonesia.

Pada 2022, investasi AS mencapai USD 3 miliar, menempatkannya sebagai salah satu negara terbesar yang berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya Delegasi Indonesia mengunjungi Urbahn Architects di New York, yang siap membantu menghubungkan desainer, pengembang, dan investor ke IKN, dengan visi integrasi standar desain tinggi dengan kualitas arsitektur setara New York.