Legislator DPRD Palangka Raya Apresiasi Pengembangan Wisata Kuliner di Dermaga Rambang

Dermaga Rambang kini menjadi tujuan favorit masyarakat untuk menikmati kuliner khas daerah, sembari memandangi keindahan panorama sungai Kahayan.

PUSAT Kuliner Dermaga Rambang, Palangka Raya.(Foto: humabetang.com)

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Dermaga Rambang di Kota Palangka Raya kini menjelma menjadi pusat kuliner yang menarik bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sejak revitalisasi area pelabuhan selesai dilakukan, lokasi ini telah menjadi oase baru bagi para pedagang makanan dan minuman lokal. Dengan nuansa alam yang indah dan akses mudah, Dermaga Rambang menjadi tujuan favorit masyarakat untuk menikmati ragam kuliner khas daerah, seperti ikan bakar, nasi kuning, nasi goreng, aneka kue hingga berbagai minuman segar.

Setiap sore, dermaga ini dipadati oleh warga yang ingin bersantai sambil menikmati makanan sambil menikmati keindahan panorama sungai Kahayan.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah, mengapresiasi langkah Pemerintah Kota merevitalisasi Dermaga Rambang menjadi pusat kuliner yang sekaligus memajukan UMKM di Kota Cantik ini.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi Pemko yang berupaya mengembangkan kuliner di Palangka Raya. Ini langkah yang sangat positif karena sektor kuliner dapat menjadi motor penggerak ekonomi kota, terutama bagi UMKM yang jumlahnya sangat banyak,” ujarnya, Senin (14/10/2024).

Mukarramah sendiri mengaku sering mengunjungi kawasan Dermaga Rambang untuk menikmati berbagai makanan tradisional, terutama kuliner khas Banjar, yang menurutnya memiliki daya tarik besar bagi warga lokal maupun wisatawan.

“Kawasan tersebut memiliki variasi kuliner yang lengkap dan berpotensi besar untuk menarik lebih banyak pengunjung,” tambahnya.

Terkait itu, Mukarramah menekankan pentingnya penataan fasilitas di kawasan kuliner tersebut. Ia menyarankan agar Pemko Palangka Raya terus memperbaiki fasilitas di pusat kuliner tersebut, seperti tenda dan bangunan yang nyaman untuk pengunjung, demi meningkatkan daya tarik wisatawan.

“Kebersihan kawasan juga sangat penting. Meskipun fasilitasnya sederhana, kebersihan harus tetap terjaga. Termasuk penyediaan air bersih dan edukasi kebersihan kepada pedagang agar makanan yang disajikan selalu higienis,” jelasnya, yang dikutip dari ProKalteng.

Dengan dukungan dari DPRD serta komitmen Pemko Palangka Raya, Mukarramah yakin kawasan kuliner di Dermaga Rambang akan menjadi daya tarik wisata baru yang sekaligus mampu menggerakkan perekonomian lokal melalui UMKM. Penataan yang baik dan kebersihan yang terjaga akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung. (*)