Ketua DPRD Palangka Raya Sebut Pasar Penyeimbang Sangat Membantu Masyarakat

Ketua DPRD Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto menyebutkan kehadiran pasar penyeimbang yang rencananya akan digelar di Pasar Datah Manuah pada Sabtu (14/10

Ketua DPRD Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto. Foto-dok.Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA - Ketua DPRD Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto menyebutkan kehadiran pasar penyeimbang yang rencananya akan digelar di Pasar Datah Manuah pada Sabtu (14/10/2023) sangat membantu masyarakat.

"Salah satunya membantu menyediakan kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat tidak jauh membeli sejumlah kebutuhan pokok serta harganya juga cukup murah dibandingkan di pasar tradisional di daerah setempat," kata Sigit K Yunianto, Jumat (13/10/2023) dilansir Antara.

Sigit menuturkan, harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2024 biasanya akan mengalami kenaikan harga. Maka dari itu pemerintah harus mengambil sikap salah satunya agar daya beli masyarakat tetap stabil, pasar penyeimbang seperti hal tersebut harus digencarkan.

Apalagi sebelumnya pemkot juga sering melaksanakan pasar murah ke sejumlah kelurahan yang ada di lima kecamatan di daerah setempat.

Hal tersebut tujuannya untuk membantu masyarakat yang tidak mampu. Setiap paket sembako seperti beras lima kilogram, minyak goreng dua liter dan satu kilogram gula tersebut dihargai Rp100 ribu dan sudah disubsidi sebesar Rp50 ribu.

"Hal seperti ini sangat membantu masyarakat terutama masyarakat kita yang tidak mampu. Kemudian dengan hal seperti ini laju inflasi dapat diintervensi sehingga tidak tinggi inflasi di daerah kita," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian (DPKUKMP) Palangka Raya Samsul Rizal mengungkapkan, pada kegiatan pasar penyeimbang nantinya akan di jual berbagai produk yang akan tersedia.

Di antaranya, yakni ayam utuh dengan berat 1 hingga 1,1 kilogram akan dijual dengan harga Rp 34 ribu per ekornya. Selanjutnya, sayap ayam dihargai Rp 33 ribu per kilogram, ampela ayam seharga Rp 12 ribu per 500 gram, hati ayam dengan harga Rp 12 ribu per 500 gram dan paha ayam seharga Rp 22 ribu per 500 gram.

"Pasar penyeimbang tersebut akan menampilkan produk olahan ayam seperti nugget. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan kios KTI dan Wings Food Kota Palangka Raya," tandas Samsul Rizal.