BKKBN Kalsel

Kampung KB Pumpung Sambut Kehadiran Deputi Bidang KSPK

apahabar.com, BANJARMASIN- Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK), DR dr M Yani M.Kes mengunjungi…

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera/Pembangunan Keluarga KS/PK, DR dr M Yani M.Kes mengunjungi ke kampung KB percontohan di Pumpung, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan, Kabupaten, sekaligus persiapan lokasi Harganas XXVI. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN- Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK), DR dr M Yani M.Kes mengunjungi Kampung KB Pumpung, Kelurahan Sungai Tiung, Banjarbaru, 29 Januari tadi.

Kampung KB Pumpung merupakan KB percontohan pertama di Kalimantan Selatan. Banyak perubahan di Kampung KB Pumpung sejak dicanangkan, 4 Februari 2016 silam.

Pasalnya berbagai dukungan dari lintas sektor telah diberikan dalam membangun Kampung KB Pumpung. Antara lain SKPD di jajaran Kota Banjarbaru meliputi Dinas PUPR, DISDALDUKKBPMPPA, DINKES, LH, DISDIK, DIBUPPORA, POLSEK, BNN, DINAS KETAHANAN PANGAN, DINAS KOPERASI, UKM DAN NAKER, DISDAG. Selain itu Instansi vertikal meliputi : BPS, BKKBN dan IBI.

Sementara itu, berbagai Kegiatan telah dilaksanakan di Kampung KB Pumpung antara lain penanaman pohon, pelatihan keterampilan pembuatan kue dan bros, sosialisasi KB, menjadi nominasi penilaian P2WKSS, menjadi nominasi inovasi Kota Banjarbaru, peresmian Rumah Dataku.

Kampung KB menjadi satu model miniature pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh.

Baca Juga: Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah Harganas XXVI Tingkat Nasional

Melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN secara sinergis dengan kementrian/lembaga, pemangku kepentingan, dan mitra kerja terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah di seluruh kabupaten/ kota di Indonesia.

Kampung KB mendapatkan perhatian dan apresiasi tinggi sebagai satu strategi dalam pengentasan kemiskinan. Tahun 2018 merupakan tahun ketiga pelaksanaan program Kampung KB, pasca dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo 2016 lalu.

Pada tahun 2018 ditargetkan terbentuk satu kampung KB Percontohan (Center Of Excellent) di tiap Kabupaten/ Kota.

Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan Kampung KB Pumpung, Kelurahan Sungai Tiung sebagai Kampung KB Percontohan di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Telah banyak kemajuan di berbagai daerah, berkat komitmen yang kuat dan kerjasama lintas sektor yang bergerak dengan satu tujuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan berkualitas," ujar Kepala Perwakilan BKKB Kalsel, Drs Ina Agustina MPH.

Dalam kunjungannya M Yani ditemani Kepala Perwalikan BKKB Kalsel, Dra Ina Agustina MPH. Hadir pula Gubernur Kalsel H Sabrin Noor, termasuk tim penggerak PKK Kota Banjarbaru, dan perwakilan seluruh SKPD.(adv/*)

Baca Juga: 25 Truk ke Sekumpul, Apa yang Mereka Bawa?

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin