Driver Trainer Contest

Hino dan Korlantas Gelar Kontes Trainer Pengemudi di HTSCC

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan Korlantas Polri menggelar kegiatan Hino Korlatnas Driver Trainer Contest di HTSCC, Purwakarta.

Hino Korlantas Polri menggelar kegiatan Hino Korlatnas Driver Trainer Contest di HTSCC. Foto: dok. HMSI

apahabar.com, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menggelar kegiatan Hino Korlantas Driver Trainer Contest di Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwarkarta, pada 18-19 September 2023.

Mengusung tema “Pengemudi Kompeten sebagai Pelopor Keselamatan dalam Berkendara”, acara ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan perwakilan trainer pengemudi.

Mereka berasal dari berbagai pelanggan Hino yang telah lulus program training of trainer (ToT).

Puluhan 50 peserta tersebut merupakan wakil dari 29.086 pengemudi dari berbagai pelanggan Hino.

Baca Juga: Hino Lahirkan Sopir Bus Andal Lewat Program Pelatihan Ekosistem Prakerja

Para peserta memperebutkan gelar juara dalam contest yang melombakan melatih daily inspection test with explanation, dan driving test.

COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo menerangkan bahwa kegiatan Hino Korlantas Driver Trainer Contest 2023 merupakan salah satu program untuk memberikan motivasi kepada para Driver Trainer.

"Untuk tahun ini Hino bekerja sama dengan Korlantas Polri untuk meningkatkan kompetensi pengemudi sehingga mereka dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara," ujar Santiko melalui keterangan persnya, Selasa (19/9).

Dalam kegiatan ini, Hino berharap dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan pelatihan mengemudi di Indonesia untuk berdampak lebih luas lagi.

Baca Juga: Hino Finance Tawarkan Pengalaman Pembiayaan Kendaraan melalui Digital

Selain itu, pabrikan otomotif asal Jepang itu juga ingin mendorong kerjasama sekolah mengemudi untuk dapat izin dari Kepolisian Lalu Lintas sebagai sekolah mengemudi untuk mengupgrade Surat Izin Mengemudi (SIM) B2.

Pada hari pertama acara yang turut dihadiri oleh Irjen Firman Santyabudi Kepala Korlantas Polri, para peserta mengikuti Daily Inspection Test with Explanation.

Dalam tes ini, para peserta akan diuji kemampuannya dalam memeriksa kendaraan secara menyeluruh dan menjelaskan hasil pemeriksaan kepada peserta didik.

Setelah itu para peserta mengikuti Driving Test, dalam tes ini, para peserta akan diuji kemampuannya dalam mengemudikan kendaraan Hino secara aman dan efisien.

Baca Juga: Dukung Industri Lokal, Hino Pastikan Kendaraannya Produk Dalam Negeri

Pada hari kedua di 19 September, acara digelar untuk awarding pemenang kegiatan ini dan seminar nasional yang mengangkat tema yang sama “Pengemudi yang Kompeten Sebagai Pelopor Keselamatan Berkendara”.

Dalam seminar nasional ini menghadirkan pembicara dari Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Korlantas Polri dan Hino.

"HMSI berkomitmen untuk menciptakan pengemudi yang andal, selain fasiliitas lengkap untuk pelatihan mengemudi, kami juga menyediakan Sertifikasi Nasional untuk Profesi Pengemudi," ujar Santiko.

Semua ini untuk mendukung dan mempermudah teman-teman pengemudi mendapatkan Sertifikasi Nasional yang sangat penting untuk menunjang pekerjaan, terutama profesi pengemudi," tutup Santiko.