Hot Borneo

Di Pasar Terapung Lok Baintan, Pedagang Kibarkan Bendera Merah Putih

apahabar.com, MARTAPURA – Tak hanya unsur pemerintah, pengibaran bendera merah putih juga dilakukan para pedagang Pasar…

Pedagang Pasar Terapung di Lok Baintan mengibarkan bendera merah putih HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Rabu (17/8). Foto: Elmonkzainal for apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Tak hanya unsur pemerintah, pengibaran bendera merah putih juga dilakukan para pedagang Pasar Terapung di Sungai Martapura di Desa Lok Baintan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Rabu (17/8).

Para pedagang yang didominasi kaum hawa itu merapatkan jukung mereka berjejer. Ujung depan jukung disatukan sehingga menjadi lingkaran.

Tiang bendera didirikan pada salah satu jukung yang di tengah. Sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya, bendera merah putih dinaikkan perlahan.

Seluruh warga yang berada di lokasi berdiri tegak, mengangkat tangan kanan dan meletakkan tapaknya di depan alis. Semuanya dilakukan dengan penuh khidmat.

Salah satu pengunjung, M Zainal Ilmi turut mengabadikan momen tersebut mengatakan, salut kepada para pelaku usaha Pasar Terapung di sela-sela kesibukannya tetap menyempatkan pengibaran bendera.

“Ini unik dan sangat bagus jika lebih dikembangkan dan dikoordinir dengan baik,” ujar pria kerap disapa Elmonk Zainal ini.

Ia menceritakan, pengibaran bendera dilakukan ketika para pengunjung mulai berkurang sekira pukul 08.00 Wita, sehingga tidak seluruh pengunjung yang sempat menyaksikan.

“Menurut saya, sangat bagus jika saat banyak pengunjung, apalagi tadi ada juga turis asing, ini bisa lebih menarik wisatawan datang,” ucap pria berprofesi fotografer ini.