Hot Borneo

Deteksi Dini Banjir di Tabalong, Polsek Jaro Cek Debit Sungai

apahabar.com, TANJUNG – Anggota Polsek Jaro, Polres Tabalong melakukan pemantauan debit air sungai dan irigasi di…

Anggota Polsek Jaro melakukan pengecekan debit air sungai dan irigasi sebagai bentuk deteksi dini terhadap bahaya banjir. Foto: Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Anggota Polsek Jaro, Polres Tabalong melakukan pemantauan debit air sungai dan irigasi di wilayah setempat, Selasa (24/5).

Pemantauan tersebut dilakukan sebagai upaya kewaspadaan atau deteksi dini terjadinya banjir akibat luapan air sungai. Sehingga dapat segera melakukan penanggulangan jika banjir datang.

Dari hasil pengecekan, meski sempat diguyur air hujan lebat beberapa hari ini namun saat ini debit air sungai di wilayah paling utara Tabalong itu masih normal.

“Jadi potensi banjir di Tabalong saat ini masih aman, karena di hulunya debit air sungai masih normal. Ini diketahui dari pantauan anggota di lapangan,” kata Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama, Selasa sore.

Pengecekan debit sungai ini rutin dilakukan anggota Kepolisian, tidak hanya di Jaro tapi juga di wilayah utara lainnya seperti Polsek Muara Uya dan Polsek Haruai.

Kata Yudha, selama ini di Tabalong jika debit air sungai di wilayah utara Tabalong normal, maka wilayah bantaran sungai di bawahnya juga aman.

“Tetapi jika curah hujan tinggi dan debit air sungai di utara meningkat maka di hilirnya harus waspada banjir, terutama yang berada di dataran rendah,” jelasnya.

Yudha mengimbau kepada warga Tabalong untuk selalu waspada terhadap luapan sungai, walaupun saat ini masih tergolong aman.

“Jika debit air sungai naik, maka para orang tua mencegah anak-anaknya bermain atau mandi di sungai serta bersiap menghadapi luapan air sungai yang berpotensi menimbulkan banjir,” imbaunya.