Kalteng

Cegah Covid-19, Dishub Kapuas Kembali Perketat Jalur Perairan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali memperketat penjagaan jalur perairan guna mencegah…

Petugas dari Dishub Kapuas bersama KKP Kapuas dan TNI AL melakukan pemeriksaan kapal taugboad asal Surabaya beberapa waktu lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Kalteng, kembali memperketat penjagaan jalur perairan guna mencegah Covid-19.

Kapal-kapal yang akan memasuki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas akan diperiksa secara ketat oleh Dinas Perhubungan Kapuas dan instansi terkait lainnya.

“Sekarang kami sudah mulai melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang akan masuk wilayah perairan Kapuas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kapuas, Vitrianson, Jumat (23/4).

Menurut Vitrianson, pemeriksaan terhadap kapal luar Kapuas guna mencegah penyebaran virus corona melalui jalur perairan. Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar prosedur pemeriksaan kapal.

“Kemarin ada 1 kapal yang masuk, dari Banten kalau tidak salah, itu langsung kami lakukan pemeriksaan sesuai prosedur dan pemeriksaan rapid antigen,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kapuas itu pun mengimbau kapal-kapal yang ingin memasuki DAS Kapuas agar mempersiapkan diri, baik secara adminitrasi maupun kesehatan para ABK.

“Karena apabila ada awak kapal terindikasi memiliki gejala Covid-19, maka kami tidak segan-segan untuk memulangkan awak kapal tersebut dan tidak akan memberikan kartu kuning,” tegas Vitrianson.