kabupaten banjar

Catat! Lowongan PPPK Kabupaten Banjar Segera Dibuka, Berikut Formasinya

Lowongan ASN sebagai PPPK Kabupaten Banjar Segera Dibuka, Berikut Formasinya

Pejabat dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar sedang apel gabungan. Foto-MC Banjar.

apahabar.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalsel, mendapat kouta sebanyak 1417 calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banjar, Erny Wahdini mengatakan formasi paling banyak adalah guru.

Kepastian formasi ini, kata Erny, disampaikan Menpan RB pada 3 Agustus lalu. Ia merincikan, formasi guru berjumlah 934, tenaga kesehatan 99 orang, dan tenaga teknis lainnya berjumlah 384.

"Semuanya PPPK sebagai aparatur sipil negara (ASN)," ujar Erny.

Ia melanjutkan, untuk jadwal perekrutan masih menunggu Menpan RB, namun berdasarkan kebiasaan mulai dibuka pada bulan September.

"Biasanya di bulan September. Kita masih menunggu petunjuk panitia seleksi nasional (Panselnas) terkait persyaratannya dan tindaklanjut Menpan RB kapan waktu perekrurannya," papar Erny.

Lebih jauh ia mengatakan, kebutuhan pegawai di Pemkab Banjar yang diusulkan total 1491, hanya kurang 74 dari formasi yang dikeluarkan Menpan RB.

"Untuk formasi guru sudah 100 persen sesuai kebutuhan, nakes kurang enam dari yang diusulkan, untuk tenaga teknis diusulkan 452 tetapi yang didapat 384," ungkap Enry.

Ia mengatakan, perekrutan terbuka untuk umum baik untuk tenaga honorer maupun fresh graduate.

"Harapannya para tenaga honorer bisa ikut seleksi, karena dia sudah punya pengalaman. Mereka bersaing dengan pendaftar umum baru lulus. Kita tunggu saja dari Panselnas, apakah nanti ada penilaian masa kerja," tandas Erny.