tips merawat laptop

Cara Sederhana agar Laptop Tetap Optimal dan Tahan Lama

Sebagai barang elektronik yang cukup penting, laptop tentu membutuhkan perawatan berkala agar bisa selalu dioperasikan dengan baik dan optimal.

Cara sederhana agar laptop tetap optimal dan tahan lama. (Foto: dok. freepik)

apahabar.com, JAKARTA – Di era digital saat ini, kebanyakan pelajar dan pekerja membutuhkan laptop untuk menunjang produktivitasnya.

Sebagian dari mereka menggunakan laptop hanya untuk sekadar gaya hidup, menyelesaikan pekerjaan kantor, ataupun tugas-tugas sekolah.

Namun, sebagai barang elektronik yang cukup penting, perangkat ini tentu membutuhkan perawatan berkala agar bisa selalu dioperasikan dengan baik.

Jika sering diabaikan, lama-kelamaan laptop akan cepat rusak, karena daya tahannya berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Baca: Strategi Tokopedia Tingkatkan Partisipasi UMKM Perempuan dalam Dunia Digital

Apalagi jika usia laptop sudah makin tua atau lebih dari 3 tahun, maka performanya akan menurun drastis.

Mengutip dari Instagram @kemenkominfo dan berbagai sumber lainnya, ada beberapa tips tentang cara merawat laptop agar tidak mudah rusak.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja laptop agar tetap berjalan dengan optimal.

Jangan Mengisi Baterai Terus-Menerus

Jika Anda sering mengisi baterai laptop semalaman tanpa henti, mulai sekarang jangan dilakukan kebiasaan tersebut.

Terkadang saat mengisi baterai laptop sampai lupa kalau baterai sudah terisi penuh, tapi masih membiarkannya tetap tercolok hingga berjam-ham bahkan semalaman.

Baca: Perokok Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru

Mengisi daya baterai secara nonstop justru akan membuat daya baterai Anda cepat berkurang. Selain itu, jangan mengisi baterai saat persetase nya masih banyak.

Gunakan antivirus yang baik

Selain kebersihan hardware, software pada laptop juga harus diperhatikan. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan software antivirus yang baik.

Sekarang, sudah banyak software baik itu yang gratis maupun yang berbayar.

Dengan menjaga laptop dari virus, ini akan membuat kinerjanya tetap terjaga meskipun sering digunakan untuk bekerja.

Jangan Letakkan Laptop di atas kasur atau permukaan yang lembut

Jika kamu masih sering memainkan laptop baik itu diatas kasur, bantal, selimut, sebaiknya kamu ubah kebiasaan itu. Karena akan membuat performa atau laptop menjadi cepat panas.

Baca: Ariel Tatum di Paris Fashion Week, Seberapa Bergengsinya Ajang Ini?

Karena, hawa panas dari laptop yang keluar akan terganggu sehingga membuat panas mengendap dan membuat laptop overhead (panas berlebih).

Rawat Baterai

Jangan sampai laptopmu kehabisan daya baterai sebisa mungkin isi daya dengan menyambungkan alat charger ketika baterai di laptopmu sudah menunjukkan angka 20 persen dan usahakan laptopmu dalam keadaan mati saat mengisi daya.

Tutup Laptop Ketika Tak Digunakan

Kamu wajib mematikan, mengubah mode ‘sleep’ dan menutup laptop ketika kamu tidak bisa sedang menggunakannya, untuk menghindari debu-debu atau kotoran singgah di layar atau bahkan di sela-sela keyboard.

Menutup laptop juga salah satu cara mengistirahatkan laptop pintarmu setelah beberapa saat digunakan.

Pilih Tas yang Bisa Lindungi Laptop

Untuk penggunaaan tas, kamu perlu membeli tas khusus yang aman untuk melindungi laptopmu dari gunjangan dan gesekan ketika kamu membawanya.

Dengan tas khusus tersebut kamu tidak perlu takut laptopmu bakal tergores, ketika kamu akan menjualnya kembali masih dalam keadaan mulus yang memiliki daya jual tinggi.