kesehatan mental

Blue Monday, Peringatan Hari Senin Paling Menyedihkan

Blue monday menjadi satu hari paling menyedihkan dan depresi dalam setahun. Tiap tahunnya diperingati pada hari Senin ketiga di bulan Januari.

Blue Monday, Satu Hari Menyedihkan Pada Senin di Awal Tahun. Foto: Freepik

apahabar.com, JAKARTA - Blue monday menjadi satu hari paling menyedihkan dan depresi dalam setahun. Tiap tahunnya diperingati pada hari Senin ketiga di bulan Januari.

Tiap tahunnya, ada satu hari yang dianggap menjadi hari paling sedih dan menyuramkan. Tahun 2024 ini, Blue monday jatuh pada hari ini 15 Januari. Dan hari ini dikaitkan dengan perasaan sedih, motivasi rendah dan kurang berenergi.

Konsep ini awalnya dikritik karena kurangnya validasi ilmiah. Namum akhirnya diubah sebagai bentuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental dan perawatan diri.

Ilustrasi Blue Monday. Foto: iStock Photo

Sejarah Blue Monday

Melansir National Today, Senin (15/1), konsep Blue monday pertama kali muncul pada tahun 2005, yang dideskripsikan oleh psikolog Dr. Cliff Arnall. Ia mengenalkan Blue Monday sebagai hari paling suram.

Istilah ini pertama kali dimulai olehnya saat menyebutkan bahwa Senin ketiga di bulan Januari adalah hari paling memicu stres dalam setahun. Hingga istilah ini diperingati pertama kali pada 24 Januari 2005.

Awalnya, hal diungkapkan dari sebuah perusahaan perjalanan travel Inggris, Sky Travel, yang menghitung dengan tepat hari paling menyedihkan dalam setahun.

Dengan mempertimbangkan rumus dari Arnall, dengan berbagai faktor seperti cuaca dan tagihan yang dialami masyarakat setelah libur Natal dan Tahun Baru.

Sejak dirilisnya konsep itu, perdebatan terus berlanjut dan membuat kontroversial di masyarakat. Sebagia besar menganggap konsep Blue Monday menurunkan motivasi orang dalam beraktivitas. Arnall lalu memperbarui konsep ini menjadi suatu bentuk kesadaran untuk menjaga kesehatan mental.

Dibanding mengkampanyekan Senin yang suram, Blue monday diperingati untuk hari pengecekan kesehatan mental, serta tindakan yang harus diambil dalam antisipasinya.

Mengatasi Blue monday dapat dilakukan dengan mengelola perasaan Anda dalam beberapa cara, yaitu dengan tetap terhubung dengan orang terkasih seperti keluarga dan sahabat, terlibat dalam aktivitas menyenangkan seperti olahraga dan hobi yang Anda sukai.

Tak hanya itu, menjaga pola makan penuh nutrisi juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan menjaga kesehatan mental.