Berulang Sebut Tagline Paslon, Ketua KPU HSS Minta Maaf

Ketua KPU HSS Gusriadi diketahui beberapa kali menyebut tagline salah satu peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rapat pleno pengundian nomor urut paslon Pilkada HSS. Foto: screenshot video KPU HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hulu Sungai Selatan (HSS) Gusriadi berulang menyebut tagline salah satu peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Gusriadi menyebut kata 'terbaik' yang merupakan tagline dari Hermansyah dan Yopie Alfiani sewaktus rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati HSS pada Senin (23/09) di Pendopo Bupati setempat.

"Kami ucapkan selamat kepada Paslon yang sudah melakukan pencabutan nomor urut berdasarkan hari ini ketentuan diundi maka itulah yang terbaik, terbaik, semua adalah yang terbaik," kata Gusriadi.

Tentunya, apa yang disampaikan Gusriadi itu langsung disambut suara gemuruh oleh pendukung paslon Hermansyah-Yopie yang hadir.

Entah sadar atau tidak, Gusriadi kembali mengulang ucapan yang sama."Itulah ketentuan yang terbaik bagi pian (anda) semua," ucapnya disambut lagi sorakan pendukung salah satu Paslon.

Netizen di media sosial pun ramai mempertanyakan netralitas Ketua KPU HSS Gusriadi dalam Pilkada 2024.

Melalui akun Facebooknya, Dahlan Kdg mengemukakan, kata 'terbaik' adalah slogan dari salah satu paslon H Hermansyah dan H Yopie Alfiani, hal ini mengindikasikan bahwa KPU HSS apakah berpihak pada salah satu paslon?

Menurutnya, Ketua KPU HSS harusnya paham bahwa menjadi penyelenggara pemilu itu netral dan tidak berpihak pada salah satu paslon.

Menanggapi itu, Ketua KPU HSS Gusriadi menjelaskan bahwa selaku penyelenggara pemilu KPU berkomitmen sepenuh hati menjunjung tinggi netralitas dan integritas terhadap pelaksanaan Pilkada 2024 serentak.

"Mohon izin jika ada yang mempertanyakan netralitas kami seperti di media sosial dan lainnya tentang keberpihakan salah satu paslon, itu tidak benar," ucap Gusriadi, Selasa (24/09).

Menurut Gusriadi, KPU HSS sepenuh hati dalam melayani, tidak membeda-bedakan peserta pemilu sekaligus mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran agar lebih berhati-hati dalam berkata -kata.

"Kami meminta maaf jika ada salah berucap. Kasus kemarin tidak ada maksud dan niat lain. Kami menjunjung tinggi netralitas," tandasnya.

Hasil rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Paslon Bupati-Wakil Bupati HSS pada Senin (23/09) kemarin diketahui Paslon nomor urut 1 Hermansyah-Yopie Alfiani, Paslon 2 Ja'far-M Faizal Akbar, dan nomor 3 yaitu Syafrudin Noor-Suriani.