Tak Berkategori

Banjir di Berau, Lima Desa Masih Terendam

apahabar.com, BALIKPAPAN – Banjir hebat yang terjadi di Kabupaten Berau, Kaltim, sejak tanggal 13 Mei lalu…

Ilustrasi, Banjir di Berau, Kaltim. Foto-Net

apahabar.com, BALIKPAPAN – Banjir hebat yang terjadi di Kabupaten Berau, Kaltim, sejak tanggal 13 Mei lalu kini berangsur surut. Dari 15 kampung atau desa yang terendam banjir kini hanya tersisa lima desa saja.

Lima desa yang masih terendam banjir tersebut yakni desa Tumbit Dayak, Tumbit Melayu, Inaran, Long Lanuk dan Bena Baru. Diperkirakan ketinggian air masih 2 meter.

“Saat ini banjirnya mulai surut, sisa lima kampung yang masih tergenang,” kata Kepala BPBD Kabupaten Berau, Thamrin.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendistribusian bantuan berupa sembako di beberapa desa. Selain itu jajarannya juga ditempatkan di titik-titik banjir untuk membantu evakuasi warga.

“Ini kami lagi di hulu memberi bantuan, untuk yang di hilir masih banjir nanti akan kami pantau kembali,” tuturnya.

Thamrin menyebutkan sejauh ini terdapat 2.507 rumah atau Kepala Keluarga yang terdampak. Meski begitu banjir yang terjadi tidak menyebabkan korban jiwa dan kerusakan pada fasilitas umum lainnya.

“Banjir hanya menggenangi pemukiman saja, kemdudian surut. Tidak ada kerusakan gedung dari pantauan kami. Hanya genangan saja. Cuma ada beberapa buku dan komputer di sekolah yang tidak sempat diselamatkan,” jelasnya.

Meski begitu sejauh ini belum ada warga yang mengungsi, padahal pihaknya telah menyiapkan posko pengungsian.

“Sampai hari ini posko pengungsian belum ada warga yang datang. Mereka memilih mengungsi di tempat keluarganya,” ujarnya.