Pemko Banjarbaru

Akhir Tahun, 126 Pejabat Pemkot Banjarbaru Dilantik

apahabar.com, BANJARBARU – Akhir tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat, di…

Suasana pelantikan 126 pejabat di lingkup Pemkot Banjarbaru, Selasa (31/12) sore. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Akhir tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat, di Aula Gawi Sabarataan, Selasa (31/12).

Sebanyak 126 pejabat dilantik langsung oleh Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani.

“Dari 126 pejabat yang dilantik, ada enam orang pejabat tinggi pratama, empat kepala dinas mutasi, dua di antaranya pejabat yang promosi. Kemudian ada 99 pejabat yang mutasi di pejabat administrator dan pejabat fungsional,” sebut Nadjmi.

Ia juga mengatakan, dengan dilantiknya 126 pejabat di lingkup Pemkot Banjarbaru akan memberikan penyegaran dalam organisasi kerja.

“Ini adalah penyegaran dalam organisasi, sesuai dengan kebutuhan. Pelantikan ini hal yang biasa, jadi tidak istimewa karena ada siklus kepegawaian,” katanya.

Hal ini dikarenakan ada pegawai yang memasuki masa pensiun, kemudian ada yang naik. Ketika pejabat itu naik pangkat otomatis gerbongnya juga akan berubah.

Menurutnya, untuk daerah kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada pada 2020 memiliki kesempatan terakhir untuk melakukan pelantikan pada 7 Januari 2020 mendatang.

“Jadi 6 bulan sebelum proses penetapan itu tidak boleh lagi melakukan pelantikan. Sehingga kami mengacu pada aturan tersebut,” papar Nadjmi.

“Karena diawasi oleh komisi ASN yang tidak ingin ada intervensi politik. Oleh karenanya komisi ASN membentenginya, hasil pelaksanaan ini dilaporkan serta dapat persetujuan baru,” imbuhnya.

Kemudian dalam proses pelantikan ini, Nadjmi menegaskan hal itu benar-benar untuk keperluan organisasi.

Sampai saat ini, semua dinas sudah dijabat oleh kepala dinas definitif, kecuali Diskominfo dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadiskominfo.

“Karena waktunya sempit tidak sempat open bidding, sehingga masih dijabat oleh Plt Kadiskominfo,” tutupnya.

Baca Juga: Sambut 2020, Masyarakat Banjarbaru Instropeksi Diri Lewat Baayun Maulid

Baca Juga: Sambangi Korban Kebakaran, Wali Kota Banjarbaru Prihatin

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Aprianoor