Inflasi Daerah

8 Provinsi Alami Pertumbuhan Ekonomi di Atas Tingkat Inflasi

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada delapan provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi di atas tingkat inflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono saat memberikan pemaparan di Jakarta, Rabu (1/2). Foto: ANTARA

apahabar.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada delapan provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi di atas tingkat inflasi. Yang tertinggi adalah Maluku dengan pertumbuhan ekonomi 22,9 % dengan tingkat inflasi 4,27%.

“Contoh bagus Maluku. Pertumbuhan ekonominya bagus 22,94%, inflasinya hanya 4,27,” ujar Kepala BPS Margo Yuwono saat Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar secara daring di Jakarta, Rabu (8/2).

Daerah lainnya Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, dan Nusa Tenggara Barat.

Margo memaparkan Provinsi Provinsi Kalimantan Utara mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,34% dengan tingkat inflasi yang rendah yakni 4,47%. Sedangkan ekonomi Sulawesi Tengah tumbuh melesat 15,17% dengan tingkat inflasi rendah hanya 5,96%.

"Lalu DKI Jakarta dengan pertumbuhan ekonomi 5,25% dengan tingkat inflasi 4,21%," katanya.

Selanjutnya Kalimantan Tengah mencatatkan pertumbuhan ekonomi 6,45% dengan inflasi 6,32%. Kemudian Sulawesi Utara dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,42% dan inflasi 4,27%.

Terakhir Nusa Tenggara Barat pertumbuhan ekonominya 6,95%, sedangkan tingkat inflasi 6,23%. Disusul Papua dengan pertumbuhan ekonomi 8,97% dan tingkat inflasi rendah yaitu 5,68%.

Margo menjelaskan, secara agregat pertumbuhan pendapatan yang tercermin melalui pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 8,97%. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan inflasinya.

“Daerah lainnya perlu mendapat catatan karena agregat pertumbuhan ekonominya bergerak lebih rendah dibanding inflasi,” tandasnya.