10 Cara Menghias Pohon Natal Agar Tampak Estetik

Cara menghias pohon Natal perlu diketahui agar tampilan pohon Natal lebih estetik. Pohon Natal merupakan salah satu yang tak boleh ketinggalan saat menyiapkan d

Cara Hias Pohon Natal. foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Cara menghias pohon Natal perlu diketahui agar tampilan pohon Natal lebih estetik. Pohon Natal merupakan salah satu yang tak boleh ketinggalan saat menyiapkan dekorasi rumah menjelang perayaan Natal.

Natal merupakan hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tanggal 25 Desember. Menjelang perayaan Natal biasanya dilakukan berbagai persiapan seperti mendekor rumah dan menghias pohon Natal.

Menghias pohon Natal bisa membuat perayaan Natal terasa semakin meriah. Keberadaan pohon Natal di rumah juga merupakan sebuah simbol kegembiraan dan sukacita bagi pemilik rumah dalam menyambut Natal.

Membuat pohon Natal yang berdiri megah di sudut ruangan saat perayaan Natal tentunya tidak mudah. Diperlukan kesabaran dan kehati-hatian dalam menyusun ornamen agar pohon Natal tampak seimbang dan sempurna.

Berikut cara menghias pohon Natal yang telah dirangkum apahabar.com dari berbagai sumber :

1. Menentukan Konsep

Cara menghias pohon Natal diawali dengan menentukan konsep terlebih dahulu. Menentukan konsep pohon Natal akan lebih memudahkan memilih warna dan jenis ornamen-ornamen pohon Natal yang sesuai dengan tema yang dipilih.

Adapun beberapa tema pohon Natal yang bisa digunakan yaitu White Christmas, Rustic Christmas, Blue Christmas, hingga konsep Natal tradisional dengan kombinasi warna hijau, merah, dan emas.

2. Bentuk Cabang Pohon Agar Tampak Rimbun

Setelah menentukan tema, cara menghias pohon Natal selanjutnya adalah dengan membentuk cabang pohon agar tampak rimbun. Pisahkan setiap cabang pada pohon agar menyebar dan menjadikan pohon tampak lebih penuh dan alami.

3. Letakkan Lampu Hias Terlebih Dahulu

Menggunakan lampu hias pada pohon Natal dapat memberikan kesan yang lebih meriah dan menjadikan pohon Natal tampak lebih menarik.

Lilitkan lampu hias pada pohon Natal terlebih dahulu untuk memudahkan menambahkan dekorasi lainnya tanpa mengganggu posisi lampu.

Lilitkan lampu secara merata dari bagian bawah ke bagian atas pohon Natal. Jangan lupa sesekali mundur untuk memastikan lampu terlilit dengan sempurna pada pohon Natal.

4. Pilih Dekorasi yang Tepat

Jika pohon Natal sudah berdiri dengan tegak, maka waktunya untuk mulai menghias pohon Natal.

Pilihlah dekorasi mulai dari warna, jenis, bentuk, serta hiasan dekorasi lainnya yang sesuai dengan tema Natal yang telah dipilih.

Memilih dekorasi merupakan bagian yang sangat penting karena ini akan menentukan tampilan akhir pohon Natal yang dibuat.

Kesuksesan menghias pohon Natal akan sangat bergantung dengan pemilihan dekorasi yang sesuai.

5. Pisahkan Ornamen Sesuai Kategori

Setelah memilih dekorasi pohon Natal, pisahkan ornamen sesuai kategori sebelum mulai menghias. Hal ini akan memudahkan dalam menyusun dan menentukan penempatan ornamen-ornamen tersebut di pohon Natal sehingga tampilan visualnya lebih menarik.

Ornamen ini bisa dipisahkan berdasarkan jenis serta ukurannya.

Selanjutnya susun pohon Natal sekreatif mungkin dengan memperhatikan penempatannya ornamen sesuai jenis yang telah dikelompokkan sebelumnya.

6. Gunakan Pita untuk Menghias Pohon

Salah satu ornamen yang bisa digunakan untuk menjadikan tampilan pohon Natal semakin menarik adalah pita.

Ornamen ini bisa diletakkan di urutan terakhir sebagai hiasan tambahan sekaligus membantu menutupi celah pada ranting pohon yang masih terlihat.

7. Gantung Hiasan yang Berat pada Bagian yang Dekat dengan Batang Pohon

Saat menghias pohon Natal, perhatikan juga penempatan ornamen dengan ukuran yang lebih besar dan berat.

Ornamen yang berat sebaiknya diletakkan pada bagian dekat batang pohon yang dapat menopang beban lebih berat.

8. Gantung Ornamen di Dekat Lampu Hias Agar Lebih Menonjol

Saat meletakkan ornamen pada pohon Natal, penempatan ornamen pada bagian-bagian tertentu juga perlu diperhatikan. Sebaiknya ornamen diletakkan di dekat lampu hias agar tampak lebih menonjol.

9. Sebarkan Hiasan pada Pohon Secara Merata

Cara menghias pohon Natal yang juga harus diperhatikan adalah penyebaran ornamennya. Pastikan hiasan ornamen pada pohon Natal tersebar secara merata agar pohon tampak lebih rapi dan seimbang.

10. Pilih Hiasan Puncak Pohon yang Sesuai

Bagian yang tak kalah penting dari menghias pohon Natal adalah memilih hiasan pada puncak pohon. Pilihlah hiasan puncak pohon yang sesuai dengan tema dan ukuran pohon karena bagian ini merupakan bagian yang paling menonjol.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghias pohon Natal agar tampilannya semakin estetik. Semoga membantu!