Tak Berkategori

Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini

apahabar.com, BANJARBARU – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level IV di Banjarbaru bakal berakhir pada 2…

Featured-Image
Situasi pandemi Covid-19 di Banjarbaru juga belum membaik meski PPKM level IV diterapkan. apahabar.com/Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level IV di Banjarbaru bakal berakhir pada 2 Agustus, esok.

Apakah diperpanjang atau tidak? Presiden Joko Widodo baru akan memutuskannya hari ini.

Wali Kota Aditya Mufti Ariffin belum mendapat sinyal perpanjangan PPKM level IV.

“PPKM di Banjarbaru sampai tanggal 2, berkaitan diperpanjang atau tidak rencananya hari ini akan diumumkan oleh presiden,” ujar Ovie, sapaan karibnya, Minggu (1/8) pagi.

Senada, Wakil Wali Kota Wartono mengatakan kemungkinan tidak diperpanjangnya PPKM level IV menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Rapat dengan kementerian indikasinya begitu. Tapi menunggu pengumuman presiden kalau gak hari ini besok. Karena data Banjarbaru masih tinggi termasuk BOR [tingkat keterisian tempat tidur di RS], dan terpapar,” tambahnya.

Sabtu 31 Juli, Wartono mengikuti rapat koordinasi secara daring dengan pemerintah pusat. Ia melaporkan evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM level IV.

POPULER SEPEKAN: Pilgub Kalsel Berakhir, ‘Musuh Harat’

Untuk diketahui, perkembangan kasus harian Covid-19 Kalsel, periode 31 Juli 2021, terdapat 185 warga di Banjarbaru dikonfirmasi terinfeksi Covid-19, dengan dua kasus meninggal dunia.

Banjarbaru menjadi daerah penyumbang kasus terbanyak setelah Banjarmasin yang mencatatkan 127 kasus terkonfirmasi positif.

Sementara hingga pukul 14.00, masih mengutip data Kementerian Kesehatan, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit alias BOR di Banjarbaru mencapai 76 persen.

Situasi pandemi Covid-19 di Banjarmasin dan Banjarbaru belum juga membaik meski PPKM level IV diterapkan. Rumah sakit penuh, masuk antre di IGD, hingga krisis oksigen.

Sejak diterapkannya PPKM level IV, dalam periode 26-30 Juli, jumlah warga yang dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 malah bertambah sebanyak 795 orang di Banjarmasin, dan 571 di Banjarbaru atau mencakup 40% kasus konfirmasi Provinsi Kalimantan Selatan.

Sedangkan warga yang dinyatakan sembuh sebanyak 281 di Banjarmasin dan 187 orang di Banjarbaru. Adapun kasus kematian bertambah 12 di Banjarmasin dan 24 orang di Banjarbaru.

Pada dasarnya kasus yang terjadi selama pelaksanaan PPKM Level 4 saat ini masih berkaitan dengan penularan virus yang terjadi pada pekan sebelumnya.

Dampak penerapan PPKM akan mulai terlihat minggu depan. Hanya saja yang menguatirkan tim pakar adalah reduksi aturan pembatasan PPKM level 4 oleh pemerintah pusat dan tidak optimalnya implementasi oleh pemerintah daerah.

Pelandaian kasus masih sulit terjadi mengingat tingginya tingkat transmisi virus di masyarakat dan masih kurang seriusnya pengendalian Covid-19.

“Pada hari pertama penerapan PPKM level 4 kita bisa melihat menurunnya mobilitas masyarakat. Tapi setelah itu mobilitas lokal dan antardaerah kembali meningkat seperti biasa. Orang-orang bisa makan kembali di rumah makan dan warung, sedangkan yang tidak pakai masker dapat dengan mudah ditemui di jalan,” ujar Anggota Tim Pakar Covid-19, Universitas Lambung Mangkurat Hidayatullah Mutaqqin.

Komentar
Banner
Banner