Kalsel

Banjir Satui Tanbu, Ratusan Warga Mulai Mengungsi

apahabar.com, BATULICIN – Sebagian warga terdampak banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu mulai mengungsi. Hasil…

Featured-Image
Kondisi sebagian wilayah di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Sabtu (14/8). Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Sebagian warga terdampak banjir di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu mulai mengungsi.

Hasil laporan perkembangan yang dihimpun bakabar.com, melalui BPBD Tanah Bumbu dan Polsek Satui, Sabtu (14/8) menjelang siang, ada ratusan warga yang mulai mengungsi.

Mereka mengungsi ke Gedung Serba Guna RT 03, Desa Satui Timur. Di sini jumlah warga yang mengungsi sekira 300 orang dan akan didirikan dapur umum.

Lokasi pengungsi lainnya di SMPN 4 Satui, Jalan Munawar RT.07 Desa Sinar Bulan. Sementara di sini ada 32 KK atau 110 jiwa yang mengungsi. Diperkirakan akan terus bertambah jika kondisi air meningkat.

Di sisi lain, dapur umum untuk pengungsi juga akan dibangun di Halaman Kantor Desa Sinar Bulan.

Selanjutnya di Desa Sungai Danau, warga berangsur-angsur mulai mengungsi ke Gedung Serba Guna dan Gedung Majelis. Dilaporkan jumlah pengungsi ada sebanyak 7 KK dengan 30 jiwa.

Kemudian di Desa Sejahtera Mulia. Petugas dan warga juga sudah menyediakan tempat pengungsian di kantor desa setempat. Namun, sementara warga masih bertahan di rumah masing-masing.

“Tetap waspada, karena kondisi debit air Sungai Satui di Desa Sungai Danau maupun di Desa Sinar Bulan dalam keadaan ada peningkatan sekira 1 meter,” imbau Kapolsek Satui, AKP Parman.

Senada dengan Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, juga mengimbau kepada warga agar waspada terhadap cuaca dan kenaikan debit air.

“Diimbau kepada warga sekitar bantaran sungai agar selalu waspada. Apabila air sungai meluap dan bertambah tinggi, kami sarankan untuk mengungsi demi keamanan,” imbau Eryanto.

Breaking! 5 Desa di Satui Tanbu Mulai Terendam Banjir



Komentar
Banner
Banner