Kalsel

Sosok di Balik Berkibarnya Bendera Terpanjang di Banua

apahabar.com, MARTAPURA – Pengibaran bendera merah putih terpanjang se-Kalimantan sukses digelar di Aston Banua Hotel, Senin…

Featured-Image
Pengibaran Bendera Merah Putih terpanjang se-Kalimantan Selatan, di Aston Banua Hotel, Jalan Ahmad Yani Gambut, Kabupaten Banjar, Senin (17/8). Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Pengibaran bendera merah putih terpanjang se-Kalimantan sukses digelar di Aston Banua Hotel, Senin (17/8).

Dari penelusuran media ini, terungkap jika ide tersebut dicetuskan oleh Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto.

“Pengibaran bendera terpanjang ini merupakan ide dari Dandim 1006/Martapura,” ujar General Manager Aston Banua Hotel, Andri Kurniawan dihubungi bakabar.com.

Ukuran bendera tersebut sepanjang 100 meter dengan lebar 5,6 meter.

Dikibarkan oleh dua prajurit TNI, yakni Kapten Adrie dan Sersan Mayor Husairi.

Diiringi lagu penuh semangat gebyar-gebyar, dua prajurit TNI itu kompak menapaki dinding Aston Banua Hotel.

Tepuk tangan meriah dari para undangan menyambut mereka di lantai bagian bawah sekitar pukul 10.00 Wita.

Aksi dua prajurit infanteri itu disaksikan langsung Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur, Sekda Banjar Hilman serta unsur Forkopimda Banjar.

Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengakui bahwa saat ini kondisi masih dalam serba sulit.

Pengibaran bendera merah putih tertinggi di gedung ini digambarkan sebagai bentuk tekad untk memerangi Covid-19 yang tengah mewabah.

Di sela pengibaran, ia menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan, untuk bangkit dan jangan menyerah.

“Ini tidak semudah yang dibayangkan. Ini butuh keberanian, butuh tekat yang kuat dan kebersamaan,” ujar dandim.

Siswo Budiarto menambahkan melalui momentum ini, TNI-Polri mengajak semua masyarakat agar disipilin yang tinggi untuk menaati protokol kesehatan Covid-19.

“Mari kita taati bersama pemakaian masker, jaga jarak serta cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir,” tutupnya.

Pengibaran bendera terpanjang ini dipersiapkan sekitar sepekan terakhir oleh Aston Banua Hotel termasuk dari kesatuan Kodim 1006/Martapura. Rencananya bendera terus dipajang sampai akhir Agustus.

Momen langka ini praktis menyedot perhatian masyarakat sekitar. Mereka beramai-ramai mengabadikannya melalui kamera ponsel masing-masing.

Selain pengibaran bendera terpanjang, di lokasi yang sama juga ada parade budaya pakaian adat se-nusantara, yang dilakoni oleh para staf Aston Banua Hotel.

img

Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto tampak usai menyaksikan pengibaran bendera terpanjang se-Kalimantan itu. Foto: Istimewa

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner